Business

Philips Lighting Week, ‘Light Beyond Ilumination’: Kota Pintar, Rumah Pintar dan Gedung Pintar  

img title

Jakarta, petroenergy.id - Philips Lighting (Euronext Amsterdam ticker: LIGHT), pemimpin global dalam pencahayaan, hari ini mengumumkan pembukaan Philips Lighting Week di Senayan City, Jakarta. Mengusung tema Light Beyond Iluminationatau pencahayaan lebih dari sekadar penerangan, pameran yang berlangsung sejak 17-20 November 2016 ini menampilkan berbagai aplikasi pencahayaan LED terintegrasi yang inovatif untuk kota pintar (smart cities), rumah pintar (smart homes) dan gedung pintar (smart buildings).

"Sebagai perusahaan yang telah merevolusi pencahayaan selama lebih dari 125 tahun, Philips Lighting kini memimpin dalam sistem pencahayaan pintar. Kami merangkul teknologi terbaru, memanfaatkan Internet-of-Things dan membawanya ke Indonesia. Hari ini, kami dengan bangga mengumumkan bahwa Jakarta memiliki hampir 90.000 lampu jalan terkoneksi di seluruh penjuru kota, menggunakan sistem Philips CityTouch. Proyek ini adalah salah satu proyek CityTouch terbesar di dunia untuk Philips Lighting, dan kota ini memegang rekor instalasi luminer tercepat untuk pemasangan setiap harinya sesuai jadwal. Tentu saja, hal ini merupakan tonggak penting dalam membantu mengubah Jakarta menjadi kota pintar," kata Chandra Vaidyanathan, Presiden Direktur PT Philips Indonesia.

Sistem pencahayaan terkoneksi Philips juga merambah ke penggunaan di rumah, seperti dijelaskan Chandra lebih lanjut, "Di Philips Lighting Week kami memperkenalkan Philips HUE yang dapat mengubah rumah dengan menciptakan suasana dan pengalaman yang berbeda, hanya dengan menggunakan ponsel pintar Anda."

Selama Philips Lighting Week, berbagai aplikasi pencahayaan untuk rumah, bangunan dan kota yang mengedepankan sistem pencahayaan terkoneksi berbasis LED, ditampilkan untuk menginspirasi pengunjung. Hal ini menunjukkan bagaimana produk luminer dan perangkat sistem pencahayaan Philips Lighting siap dalam bentuk digital dan jaringan, sehingga dapat menghemat energi lebih banyak, menciptakan pengalaman baru di rumah, mengelola lingkungan kerja dan produktivitas, dan membuat kota lebih aman dan lebih responsif.

Kota Pintar

Memahami tantangan yang dihadapi pemerintah daerah untuk mengubah kotanya menjadi kota-kota pintar, Philips Lighting telah mempromosikan sistem pencahayaan inovatif: Philips CityTouch. Sebagai sebuah sistem manajemen pencahayaan terkoneksi untuk penerangan jalan, Philips CityTouch menawarkan aplikasi web sederhana untuk menganalisa, merencanakan dan menjaga manajemen alur kerja, sementara operator dapat memantau, mengelola dan mengukur pencahayaan terkoneksi anda melalui aplikasi. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 700 pelanggan di 35 negara yang mengelola penerangan jalan mereka menggunakan CityTouch.

Jakarta adalah salah satu proyek Philips CityTouch terbesar dengan instalasi tercepat di dunia. Proyek ini merupakan tonggak penting dalam membantu mengubah Jakarta menjadi kota pintar, melibatkan penggantian hampir 90.000 lampu jalan yang dipasang hanya dalam tujuh bulan dengan sekitar 430 titik lampu yang terkoneksi setiap harinya. Hal ini menjadikan proyek ini sebagai proyek penggantian dan manajemen jarak jauh penerangan jalan tercepat di dunia yang pernah dilakukan. 

Rumah Pintar

Philips Lighting percaya bahwa cahaya bisa memberikan inspirasi; memungkinkan konsumen menciptakan pengalaman pencahayaan baru yang mengagumkan, meningkatkan produktivitas dan memperbaiki suasana hati, serta mengatur suasana ruang sesuai keinginan. Philips HUE, sistem pencahayaan rumah terkoneksi paling pintar di dunia, akan segera tersedia untuk konsumen Indonesia tahun depan.

Sebagai bintang tamu di Philips Lighting Week, Cosmas Gozali, seorang arsitek dan desainer interior berbakat, telah ditunjuk oleh Philips Lighting untuk menampilkan Philips HUE di  sebuah simulasi rumah. Dalam stan yang dirancang dengan indah ini, pengunjung bisa mencoba berbagai kemungkinan aplikasi pencahayaan tidak terbatas yang dapat  dilakukan Philips HUE: mewarnai dinding anda dengan pilihan 16 juta warna, sinkronisasi lampu dengan lagu, film seri atau pertandingan favorit anda, yang akan memberikan pengalaman lebih dari imajinasi Anda.

Bekerjasama dengan Lazada, Phillips menyelenggarakan promosi Pre-order Philips HUE ekslusif di Lazada.co.id mulai dari 12 December hingga 19 December. Dengan ini Philips juga menjadi bagian dari Online Revolution, acara online shopping terbesar di Indonesia.

Gedung Pintar dan Area Industri Hijau

Menurut World Energy Statistics and Balances dari Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA), pencahayaan menggunakan sekitar 20% dari total konsumsi listrik gedung secara global. Dengan semakin meningkatnya jumlah gedung dan kawasan industri yang dikembangkan, manajemen gedung dan manufaktur menghadapi tantangan dengan semakin meningkatnya permintaan dan biaya listrik. Selain itu, kebutuhan untuk menjadi industri hijau terutama dalam praktik manufaktur juga meningkat.

Memahami kebutuhan ini, Philips Lighting telah mengembangkan sistem dan layanan pencahayaan terkoneksi untuk bangunan pintar serta manufaktur/pergudangan yang sedang dibangun, maupun untuk yang sudah ada dan sedang direnovasi. Selain sistem dan layanan pencahayaan untuk solusi bangunan, Philips Lighting menciptakan Green Manufacturing/Green Warehouse untuk industri manufaktur maupun pergudangan yang ingin mematuhi praktik hijau. Kedua solusi pencahayaan ini akan membantu mereka untuk menjadi lebih hemat energi dan ramah lingkungan, serta menghemat lebih banyak biaya listrik.

Selain menampilkan sistem dan layanan pencahayaan yang inovatif, acara Philips Lighting Week juga akan menghadirkan talk show yang mengusung tema 'Light Beyond Illlumination' untuk berbagai komunitas, asosiasi profesional, serta mahasiswa. Seminar Philips Professional Lighting akan dilakukan di Hotel Mulia di saat yang bersamaan, mengetengahkan solusi yang dapat diberikan Philips Lighting untuk bangunan serta industri hijau. Philips Lighting juga mengadakan kompetisi desain pencahayaan untuk mahasiswa dan lomba mewarnai untuk anak-anak. Pengunjung akan dihibur dengan pertunjukan balet anak dan penampilan musik akustik. (mk)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category