Other

PGE Percepat Realisasi Proyek Panasbumi

img title

Jakarta, petroenergy.id - PT Pertamina (Persero) sebagai “back bone” panasbumi terus berupaya melalui anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) melakukan berbagai upaya untuk mempercepat realisasi proyek-proyek panas bumi, mulai dari pemboran hingga pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

"Saat ini semua sedang dikerjakan. Bahkan untuk rig bor kami sampai menggunakan delapan rig pemboran dan membangun empat PLTP secara bersamaan, sepertinya kami sudah full speed,” kata Sekretaris Perusahaan PGE, Tafif Azimudin, dikutip okezone.com, Kamis (14/7).

Menurutnya, secara umum tidak ada kendala yang berarti dalam merealisasikan proyek-proyek panas bumi. Namun, PGE menemui kendala pada proyek Lumutbalai, Lampung. Lokasi yang direncanakan dibangun konstruksi PLTP setelah dibuka ternyata merupakan zona patahan yang sangat berpotensi longsor sehingga menghambat kemajuan proyek.Sementara itu, lanjut Tafif, untuk harga jual listrik panas bumi, saat ini sudah ada head of agreement (HoA) antara PT PLN (Persero) dan PGE.

Direktur Panas Bumi Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yunus Saefulhak mengatakan, selain menjadi pengembang panas bumi terbesar, PGE juga menjadi perusahaan yang paling besar komitmen untuk membangun PLTP hingga 2025. Terbukti proyek-proyeknya di sembilan lokasi, mulai dari eksplorasi, eksploitasi dan konstruksi, tukas Yunus. (mk)

 

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category