Other

Perusak dan Penggangu OBVITNAS Harus Dikategorikan Subversiv

img title

Jakarta, PetroEnergy.id--Pasca gangguan keamanan terhadap kegiatan operasi Pertamina di beberapa daerah di Indonesia. Seperti di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Manggis, Bali, di mana terjadi intimidasi dan perusakan aset Pertamina yang sudah berulang kali terjadi.

Lalu terjadi pula pemukulan pekerja saat bekerja di RU-IV Balongan, hingga penusukan pekerja Pertamina di TBBM Bitung, Manado dan terakhir pengeroyokan karyawan oleh sekelompok orang di TBBM Teluk Kabung, Padang.

 Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) meminta kepada Pemerintah agar hal ini dikategorikan tindakan subversiv bukan hanya kriminal biasa karena sudah menggangu dan membahayakan Obyek Vital Nasional (Obvitnas). "Kami minta usulan ini diperhatikan oleh Menko Polhukam," kata Noviandri, Presiden FSPPB di kantor FSPPB di Jakarta, Rabu (08/06).

Alasannya, kata dia, Obvitnas Pertamina dan seluruh unit bisnis operasinya sudah berdasarkan Keppres No. 63 tahun 2004 tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional, dan Surat Kementerian ESDM Nomor 3407K/07/MEM/2012.

Sementara itu, Faisal Yusra, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia (KSPMI) di tempat yang sama menyatakan,  Pertamina dengan seluruh unit bisnisnya merupakan Obvitnas yang wajib dijaga kegiatan operasinya dari segala macam gangguan. Apalagi dalam suasana bulan Ramadhan dan jelang Lebaran seperti saat ini. Mungkin saja, kata dia ada skenario global untuk menjelek-jelekan Pertamina dengan mengacaukan obvitnas menjelang lebaran ini.

"Dulu jaman Menopolkam Sudomo kalau ada yang menggangu obvitnas dianggap sudah subversiv dan kena pelanggaran yang berat," tambah Faisal,

Maka ia mendesak Aparat Penegak Hukum untuk segera menangkap pelaku tindak kriminal/ pemukulan/ penusukan pekerja Pertamina tersebut dan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku serta memberikan jaminan keamanan kepada pekerja Pertamina dalam menjalankan tugasnya.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category