Other

Pertamina Terapkan GPS untuk Perketat Pengawasan Distribusi BBM

img title

Jakarta, petroenergy.id - Direktur Operasi Patra Niaga, Abdul Cholid, mengatakan Pertamina telah lama menerapkan teknologi modern guna untuk mengawasi penyaluran bahan bakar minyak (BBM) yang disebut Global Positioning System (GPS) yang dipasang disetiap mobil tangki penyalur BBM. Dengan GPS, kata dia, maka rekam jejak perjalanan mobil, bahkan perilaku pengemudi bisa dipantau secara langsung melalui sistem online.

Menurutnya GPS telah dipasang Jawa sudah semua, luar Jawa seperti Medan, Lampung, dan Palembang.

“Pemasangan GPS ini dilakukan bertahap karena tidak semua daerah sinyalnya bagus. Jawa sudah 1.600 mobil, 200 mobil diluar Jawa seperti Lampung, Batam dan kota-kota besar lain sudah,” katanya kepada wartawan di TBBM Plumpang, Jakarta, Rabu  (8/3).

Ditegaskan, penerapan teknologi tersebut terbukti efektif meningkatkan pengawasan pendistribusian BBM maupun LPG kepada masyarakat. Dengan antisipasi tersebut, terbukti tren insiden kecelakaan mobil tangki di jalan raya menurun dari tahun ke tahun.

Abdul Cholid menambahkan, pada 2016  Pertamina hanya mencapai 0,006 persen dari total ritase tangki BBM, termasuk di dalamnya insiden kecil.

Teknologi GPS menjamin keamanan dan keselamatan dalam distribusi BBM, Patra Niaga juga secara rutin melakukan pembinaan awak mobil tangki, seperti pelatihan cara berkendara yang baik dan benar (safety defensive driving), pengecekan kesehatan secara berkala, pengarahan tentang keselamatan kerja, serta pengaturan jam kerja sesuai ketentuan Dinas Ketenagakerjaan dan Dinas Perhubungan Darat.

Sementara, di tempat yang sama, Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, menjelaskan, GPS tersebut sangat diperlukan sejalan dengan semakin bertambahnya jenis bahan bakar yang didistribusikan Pertamina serta semakin kompleksnya hal hal yang terjadi di rute perjalan. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category