Investment

Pertamina Siapkan USD 1,5 milar Untuk Investasi Di Blok Mahakam

img title


Jakarta, PetroEnergy.id --Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menjelaskan, Pertamina berencana untuk mulai berinvestasi senilai USD 1,5 miliar dikuartal kedua 2017. Pertamina juga akan resmi mengambil alih Blok Mahakam  ini ditahun 2019 dari Total dan Inpex. "Jadi kami sudah mulai berinvestasi di Blok Mahakam, namun pengerjaan 19 sumur produksi dan sumur pengembangannya tetap dilakukan oleh Total," katanya kepada media di Jakarta 22 Agustus 2016.

Hal ini bertujuan agar tidak ada penurunan produksi di Blok Mahakam walaupun Pertamina belum alih kelola. "Kalau kita doing nothing, akan turun cukup tajam. Kalau kita melakukan, kita akan bisa perlambat penurunan yang terus terjadi. Apalagi itu blok mature. Jadi sekarang tinggal gimana kita berinvestasi menambah sumur lain untuk melihat agar ada tambahan produksinya," jelasnya.

Dwi menambahkan untuk melakukan ini akan ada payung hukum dari Kementerian ESDM . Sementara hasil rapat koordinasi dengan Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan akan ada Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk payung hukumnya. "Diharapkan ini keluar dalam 1 sampi 2 minggu ini. Pak menko menekankan agar seluruh pending matters bisa diselesaikan 1-2 minggu ini," jelasnya.

Mengenai pengajuan EP&B untuk POD 2017 nanti, Dwi berharap hal itu juga bisa segera dimasukkan. "Kita juga ingin tahu bagaimana komitmen Total di Blok Mahakam ini," tukasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category