Energy

Pertamina Siapkan Dua Floating Storage Untuk Lancarkan Distribusi B20

img title

Petroenergy.id Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan melakukan langkah untuk memperlancar distribusi B20,  dengan menyiapkan dua floating storage atau yang biasa disebut tempat penampungan untuk Fatty Acid Methyl Esters (FAME) ini merupakan bahan dasar dari biodiesel 20% (B20).

Ghandi Sriwidodo, Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina, Saat ditemui, di DPR Jakarta Rabu (9/1), mengatakan floating storage tersebut memiliki kapasitas sebesar 2 x 35 ribu kiloliter. Yang saat ini lokasinya berada di Kalimantan dan Sulawesi.  

Ghandi Sriwidodo mengungkapkan floating storage tersebut diharapkan bisa mempermudah pengumpulan FAME untuk diolah menjadi B20. Pasalnya selama ini, titik pengumpulan tersebut masih menjadi kendala, seperti keterlambatan.

"Jadi semua BU BBM yang punya alokasi di Balikpapan, drop ke situ. Supaya lebih efisien. Dari pada mereka kirim ke Somlaki, Posi, Timika kemana-mana, ke Kendari, Bau-bau, Pare-pare, Palopo, mending drop situ saja,".

Rencana Tuban sebagai pengadaan tempat penyimpanan  terapung (floating storage) batal diterapkan. Alasannya, rencana itu tak memperoleh  perizinan dari otoritas perairan setempat. Ghandi Sriwidodo mengatakan lokasi penyimpanan itu masih terdapat ranjau. Sehingga, memiliki risiko yang tinggi. [str]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category