Business

Pertamina Perluas Program “Satu Harga BBM”

img title

Jakarta, petroenergy.id - PT  Pertamina menegaskan siap menjalankan program “ Satu Harga BBM” meski untuk itu keuangan perseroan bakal tergerus. Pertamina melihat program Presiden Joko Widodo harus didukung penuh dalam kontelasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami siap menjalankan,” tegas Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, menjawab pertanyaan wartawan usai acara  pemaparan kinerja Pertamina triwulan III 2016 di Jakarta.

Dalam acara Selasa  (8/11/2016) itu, Dwi Soetjipto bahkan menandaskan program ini telah dan akan dikembangkan di sejumlah wilayah selain juga Papua dan Papua Barat. Kedua wilayah ini  menjadi pintu masuk munculnya gagasan Presiden tentang program  BBM satu harga.

Dwi menyebut  Pulau Enggano (Bengkulu), Kelayang (Riau), Pulau Seram (Maluku), Halmahera (Maluku Utara) adalah pulau-pulau kecil yang di antaranya akan  disentuh program BBM satu harga di 2017. “Untuk Pulau Jawa, Kepulauan Karimunjawa di Jepara (Jawa Tengah) sejak 5 November lalu telah diterapkan BBM  satu  harga,” terang Dwi  Soetjipto.

Dalam hitungan Pertamina, perusahaan migas negara itu akan “merugi” sekitar Rp800 miliar per tahun jika di Papua diterapkan harga BBM yang sama dengan wilayah Indonesia lain. Namun Presiden Jokowi mengatakan, "Ini bukan masalah untung dan rugi. Ini masalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jumlah Rp800 miliar itu terserah dicarikan subsidi silang dari mana, itu urusan Pertamina. Tapi yang saya mau ada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga harganya sekarang di seluruh kabupaten yaitu 6.450 rupiah per liter untuk premium."

Pertamina pun segera melakukan konsolidasi, dan menurut  Dwi Soetjipto pihaknya akan mencari jalan keluar yang paling efisien agar perseroan tidak terbebani dan program “keadilan sosial” itu berjalan lancar. “Kita cari jalan paling efisien, (distribusinya) apakah lewat laut, darat atau pesawat,” ujar Dwi.

Dwi  meyakini, program keadilan sosial ini tidak akan mengganggu kas perusahaan.  Ada prediksi program BBM satu harga ini akan menyedot  10 persen  keuangan Pertamina. “Jumlah pasokan premium  untuk  daerah-daerah itu tidak terlalu  banyak,” tutur Dwi. (san)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category