Business

Pertamina Pangkas Belanja Operasional 30 Persen

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pertamina pangkas belanja operasional (operational expenditure) sebesar 30 persen untuk ciptakan efisiensi di tengah hantaman rendahnya harga minyak mentah dunia pada saat ini.

"Turunnya harga minyak membuat net nya kurang begitu baik. Ya, walau  di bisnis hulu Pertamina terpukul tapi hilirnya bisa sedikit lebih survive. Artinya,  secara keseluruhan kita masih menargetkan sesuai target tahun lalu," kata Direktur Keuangan Pertamin Arief Budiman, dikutip CNNindonesia.com, Selasa (5/4).

Menurutnya,  Pertamina telah mengalokasikan US$5,31 miliar untuk investasi yang mendukung kegiatan sektor hulu hingga hilir di tahun ini. Angka tersebut meningkat 20 persen dari jumlah yang dikeluarkan untuk operasional di tahun 2015. Dari angka tersebut 72 persen atau sekitar US$3,8 miliar dialokasikan untuk bisnis hulu.

Ada rencana, Pertamina akan melepas kepemilikan saham anak usaha Pertamina yang bergerak di bidang asuransi, yakni PT Tugu Pratama Indonesia.

Arief mengatakan, tahun ini Pertamina akan melego anak usahanya tersebut ke lantai bursa melalu  Initial Public Offering (IPO). Arif menambahkan,  masih ada beberapa anak usaha Pertamina yang sudah bisa melakukan penawaran saham perdananya, katanya tanpa merinci lebih detail. (mulkani)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category