Business

Pertamina Galang Program Alih Teknologi Kilang

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pertamina galang program alih teknologi kilang dengan mitra di Eropa dan Amerika.

Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan, program alih teknologi kilang brtujuan untuk mendukung pelaksanaan proyek pengembangan dan pembangunan kilang minyak dalam negeri.

“Alih teknologi kilang ini sejalan dengan visi dan misi Pertamina untuk mencapai kemandirian Energi. Dengan menguasai teknologi, Pertamina diharapkan mampu membangun kilang minyak secara mandiri, “ kata Dwi Soetjipto, di Jakarta, Kamis (18/8/).

Menurutnya, 105 orang pekerja terbaik PT Pertamina dikirim untuk melakukan proses alih teknologi kilang dengan mitra terbaik di Eropa dan Amerika Serikat.

Sementara, Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi menegaskan, pengelolaan operasional kilang tidak akan terganggu meski sejumlah engineer Pertamina dikirim ke luar negeri.

Ketika menjawab pertanyaan wartawan terkait dengan pengiriman pekerja Pertamina tersebut diatas, Rachmad Hardadi, menjelaskan bahwa pengiriman itu akan dilakukan secara bertahap. “Nanti, ini akan dikirim dengan sistem ‘batch’… Pertamina mengirimkan secara bertahap,” kata Rachmad Hardadi.

 

Dijelaskan pula dari 105 pekerja yang dikirim, 25 orang di antaranya akan ditempatkan di Axen, Perancis; 20 orang engineering design dan 20 orang untuk engineering review di Bechtel dan UOP, Amerika Serikat; dan 20 orang untuk mendalami engineering dan 20 lagi untuk engineering review ditermpatkan di Foster Wheller dan Bechtel, Inggris.

Pertamina memiliki rencana untuk menuntaskan program pengembangan empat kilang Refinery Development Master Plan (RDMP) yang akan meningkatkan kapasitas pengolahan kilang sebesar 300.000 barel per hari hingga 2023.

Selain itu, Pertamina juga akan meningkatkan kapasitas pengolahan dengan membangun dua kilang baru di Tuban dan Bontang dengan masing-masing berkapasitas 300.000 barel per hari, untuk memenuhi target di tahun 2025.

Pertamina saat ini masih membutuhkan para insinyur andal, meski telah memiliki lulusan terbaik dari ITB, UGM, dan UI.

Pertamina telah menugaskan beberapa pekerjanya untuk dapat melakukan proses alih teknologi dengan bekerja di beberapa perusahaan yang memiliki kompetensi tinggi di kedua bidang tersebut, yaitu RDMP dan Grass Root Refinery. (mk)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category