Oil & Gas

Pertamina EP Temukan Cadangan Migas Besar Di Bintuni

img title

Jakarta, petroenergy.id - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina EP kembali menemukan potensi cadangan migas baru dalam jumlah besar di wilayah timur Indonesia, berlokasi di sekitar struktur wilayah Bintuni.

Nanang Abdul Manaf, Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina EP menyatakan  belum dapat memastikan jumlahnya karena masih dilakukan kegiatan seismik. “Kita baru seismik di Bintuni, wilayah Kumpalanda. Dari hasil seismik kita melihat dan mengindentifikasi ada prospek yang bisa ditindaklanjuti dengan pengeboran eksplorasi,” kata Nanang.

Sebelumnya, seperti diberitakan Dunia Energi, Pertamina telah menemukan potensi cadangan minyak dan gas baru di Kalimantan Utara, perbatasan Indonesia-Malaysia.

Menurut Nanang,  potensi cadangan dalam jumlah besar di Bintuni karena wilayah tersebut berdekatan dengan wilayah yang sudah terbukti memiliki jumlah cadangan migas besar dan telah dikelola   perusahaan migas dunia. Di antaranya BP yang mengelola Blok Tangguh dan Genting Oil yang mengelola Blok Kasuri.

Boleh jadi  jumlah cadangan mendekati cadangan di Tangguh yang memiliki lebih dari 17 triliun cubic feet (TCF) cadangan gas alam terbukti, dengan taksiran cadangan potensial mencapai lebih dari 28 TCF.

Potensi yang ditemukan tim eksplorasi Pertamina EP adalah gas dan karakteristik cadangan gas tersimpan biasanya terletak berdekatan dengan lokasi-lokasi yang sudah memiliki cadangan terbukti.“Mudah-mudahan karena sudah beberapa terbukti, bahkan sudah menjadi LNG di Tangguh, kita harapkan dapat mengikuti success story-nya kawan-kawan KKKS lain,” ungkap Nanang.

Nanang mengatakan, pihaknya akan  menindaklanjuti temuan tersebut dengan melakukan pengeboran eksplorasi yang dijadwalkan  dilakukan pada 2018. Proses eksplorasi diperkirakan akan berlangsung dalam waktu lama, karena merupakan daerah remote dan berstruktur rawa. Namun bisa dipercepat manakala terbukti memiliki  cadangan dalam jumlah sangat besar. (san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category