Other

Pertamina Akui SPBU Rempoa Memiliki Alat Canggih

img title

Jakarta, petroenergy.id -  Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, mengatakan, Pertamina melibatkan banyak pihak, baik dari dalam perusahaan maupun luar perusahaan untuk menyamar sebagai pelanggan (mistery costomer) guna men‎deteksi terjadinya kecurangan dalam penjualan BBM yang dilakukan oleh SPBU.

Namun, khusus di SPBU di Rempoa, meski menaruh kecurangan akan tetapi ketika dilakukan pemeriksaan secara berkala uji aspek quantity and quality lolos. Artinya, kecurangan yang dilakukan oleh SPBU tersebut tidak terdeteksi.

"Hasil Audit bulan Mei, aspek QQ (quantity & quality)-nya bagus, artinya ada hal yang bisa disetel dimana ketika audit bagus namun ketika tidak audit bisa dimainkan," kata Bambang,  dikutip liputan6.com edisi Selasa (7/6).

Menurutnya, pihak independen yang terlibat dalam pengukuran keakuratan takaran pun dikelabuhi, karena SPBU Rempoa menggunakan remote control untuk mengatur takaran, ketika diperiksa pihak independen maka BBM yang mengalir daridispenser SPBU tersebut kembali disetel normal.

"Dengan cara pakai remote control ini, maka akan lolos juga ketika pelanggan melakukan ukur sendiri dengan bejana ukur, akan terlihat bagus. Namun begitu mengisi beneran kena lagi," kata Bambang.

Bambang  mengakui, modus untuk mencurangi takaran penjualan BBM pada SPBU ‎Rempoa tersebut tersebut tergolong baru dan canggih. Pertamina akan mendalami modus tersebut dan melakukan perkembangan bersama pengawasan dari dalam maupun dari luar.

‎"Cukup canggih caranya. Lokasinya ada di Jakarta selatan. Kami sedang mendalami modusnya. SPBU tersebut langsung diberikan sangsi sesuai ketentuan," pungkasnya. (mulkani)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category