Other

Pertamina Akui Kapal Buatan Galangan Nasional Tak kalah Kualitas

img title

Jakarta, petroenergy.id - Managing Director PT Daya Radar Utama (DRU), Agus Gunawan mengharapkan, setelah kapal tanker pengangkut minyak mentah bobot mati 17.500 LTDW milik PT Pertamina (Persero), ini dikeluarkan dari galangan, proses pengerjaan finishing kapal ini segera dilaksanakan sehingga kapal bisa diserahkan tepat waktu.

Tanker tersebut sebagai kapal terbesar pertama yang pernah dibangun di galangan DRU. Sebelumnya, DRU pernah membangun kapal tanker dengan bobot mati 3.500 LTDW.

“Sekarang kami sudah mendapatkan pengalaman dalam membangun kapal tanker yang lebih besar yakni dengan bobot mati 17.500 LDWT. Semua ini adalah karena kepercayaan dan binaan PT Pertamina (Persero),” kata Agus, Senin (5/12).

PT Pertamina (Persero) terus membina dan memberikan kepercayaan kepada galangan nasional dalam rangka mengembangan industri maritim nasional sesuai dengan program Poros Maritim Presiden Joko Widodo.

Pembangunan kapal tanker ini memberikan pengalaman dan pembelajaran yang sangat bernilai untuk meningkatkan kemampuan galangal nasional. Dijelaskannya, segala risiko, beban yang harus ditanggung, belum sebanding dengan pengalaman yang didapatkan.

Sementara, di temapat yang sama,, Senior Vice President Shipping PT Pertamina (Persero) Mulyono, mengakui kualitas produk kapal yang dibangun galangan nasional tidak kalah dengan luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan dan China. “Kami tahu persis kualitasnya. Yang masih kalah hanya mundurnya saja,” katanya.

Dia menegaskan peluncuran kapal ini adalah sesuatu yang luar biasa karena ini menandai besarnya pengorbanan PT Pertamina (Persero) terhadap bangsa ini, apalagi ini adalah satu dari delapan kapal sejenis yang dipesan PT Pertamina (Persero) kepada galangan swasta dalam negeri.

“Ada delapan kapal yang sama persis yang kami bangun pada galangan dalam negeri. Ini adalah kapal tanker terbesar pertama PT Pertamina (Persero) yang dibangun oleh galangan swasta nasional. Dan ternyata bisa, ini luar biasa,” tegasnya.

Kapal tanker dengan nama MT Panderman tersebut merupakan satu dari tiga unit kapal sejenis sister ship yang dibangun di galangan milik PT DRU. Dua lainnya saat ini sedang dalam tahap pengerjaan sehingga diharapkan  segera diluncurkan. (mk)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category