Investment

Permen ESDM Mengatur Satu Dispenser Gas Disetiap SPBU Sedang Disiapkan

img title

Jakarta, petroenergy.id --Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) sedang memperisiapkan Peraturan Menteri (Permen) mengatur kewajibkan satu dispenser gas disetiap SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

"Kebijakan diambil karena tidak ditemukannya kadar bahaya gas bagi transportasi masyarakat, selain itu, sumber dayanya juga masih tersedia. Ini langkah yang ditempuh untuk memicu konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi BBG. Namun, memang infrastruktur lainnya juga harus mendukung," kata Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar usai membuka road show kampanye Bahan Bakar Gas untuk Indonesia di Monas, Jakarta, Senin (13/3). 

Sementara itu, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja menyatakan Permen yang mengatur kebijakan minimal satu dispenser disetiap SPBU tersebut segera akan diterbitkan. "Permen ini akan mendorong percepatan infrastrutur gas.Jadi terpecahkan mana yang awal," kata Wirat di SPBG Pertamina Gas di Cililitan, Jakarta Timur(13/3).

Ditambahkannya, timeline Permen ini sedang digodok dengan perhitungan dan analisa yang akurat namun bertahap. "Pentahapannya sedang ditentukan. Mana dulu SPBU yang pertama di Jakarta ini misalnya. Targetnya dalam dua atau tiga tahun di wilayah tersebut akan diadakan minimal satu dispenser gas dalam SPBU. Kita hitung juga pengadaan dan prosesnya," ujarnya.

Menanggapi hal ini, VP Natural Gas PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoromengaku akan berkooordinasi dengan berbagai stakeholder di Pertamina. "Intinya kita siap membangun ini secara massive sebab memang sesuai dengan program kita," katanya dalam kesempatan yang sama.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category