Other

Perhatian Besar Jokowi-JK Untuk KTI

img title

Jakarta, petroenergy.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin)  Indonesia  mengapresiasi perhatian pemerintahan Jokowi-JK untuk kawasan timur Indonesia (KTI) selama tahun 2016.

Kamar  Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, tahun ini merupakan tahun perhatian pemerintah pusat terbesar selama sejarah republik berdiri terhadap Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Untuk itu kami  mengapresiasi perhatian pemerintahan Jokowi-JK untuk kawasan timur Indonesia selama tahun 2016,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin KTI, H.Andi Rukman Karumpa  dalam refleksi akhir tahun di Jakarta.

Andi mengatakan, tahun ini Presiden dan Wapres telah melakukan kunjungan puluhan kali ke KTI. Bahkan, ke provinsi paling timur Papua, Presiden sudah berkunjung selama dua kali. Sejak dilantik Presiden sudah berkunjung sebanyak lima kali. Presiden juga telah menetapkan kebijakan satu harga untuk bensin di Papua tahun ini.

“BBM (Bahan Bakar Minyak) merupakan komoditas paling mahal di Papua. Tahun ini harga termahal itu berakhir. Ini sebuah keberanian sebab kalau tunggu infrastruktur siap baru menurunkam harga, sampai kiamat harga BBM di Papua tetap akan tinggi sekali,” ujar Andi. Pemerintah juga melakukan peresmian sejumlah pembangkit listrik. Andi menambahkan, tahun ini merupakan tahun pembangunan infrastruktur bagi KTI.

Tahun 2017 akan menjadi tahun pertumbuhan ekonomi bagi KTI. “Infrastruktur mulai dibangun, tentu akan berdampak bagi pertumbuhan. Semoga biaya logistik menurun, akselerasi ekonomi juga makin baik di KTI,” pungkas Andi.

Andi memperkirakan Sulawesi dan Kalimantan masih akan menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi di KTI. Pasalnya kedua wilayah itu masih menjadi daerah dengan pertumbuhan di atas rata-rata nasional.  Dia  mengatakan, ekonomi kawasan ini tumbuh di atas 6 persen, bahkan Sulawesi rata-rata tumbuh di atas 8 persen.

“Kita lihat Sulawesi akan jadi magnet baru, setelah Pulau Jawa. Listrik mulai mencukupi, proyek-proyek smelter mulai beroperasi, proyek-proyek infrastruktur pemerintah sudah jalan, akan banyak kejutan tahun depan dari Sulawesi,” ujar Andi.

Wilayah yang tidak kalah dan juga sedang bertumbuh di atas rata-rata nasional adalah  Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. (san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category