Other

Pengembangan Industri Minerba Harus Terintegrasi

img title

Jakarta , petroenergy.id - Pengembangan industri hilirisasi mineral dan batubara (minerba) harus dilakukan terintegrasi dengan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) karena di dalamya sudah tersedia infrastruktur yang diperlukan,

Hal itu dikemukakan Presiden Jowo Widodo saat memimpin rapat kabinet terbatas  evaluasi implementasi hilirisasi pertambangan minerba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Bagi presiden, implementasi hilirisasi pertambangan minerba penting dilakukan karena era menjual SDA sudah berakhir sehingga menjual bahan mentah harus distop.

 Indonesia  harus berani melakukan lompatan dari negara penjual komoditas sumber daya alam (SDA) menjadi negara yang memperkuat industri pengolahannya. “Negara lain justru melompat lebih cepat lagi bergerak ke industri jasa," kata presiden.

Menurut presiden, kecepatan sangat penting karena negara-negara lain juga bergerak sangat cepat. "Saya minta permasalahan dan hambatan hilirisasi terutama di pertambangan minerba ini segera diselesaikan dan jika ada hambatan regulasi seperti perizinan dan regulasi yang tumpang tindih saya minta dipangkas secepatnya," katanya seperti diberitakan Antara.

Presiden memahami untuk mengembangkan industri pengolahan minerba memerlukan adanya kepastian, adanya jaminan operasi jangka panjang. "Dan kalau memang diperlukan berikan mereka insentif tambahan untuk perusahaan yang mengembangkan hilirisasi," katanya.

Ia menyebutkan bahwa hilirisasi industri bisa melaju dengan cepat jika didukung dengan kesiapan lahan, kawasan, suplai bahan baku, tenaga kerja trampil, ketenagalistrikan, infrastruktur, transportasi, pelabuhan dan infrastruktur yang lain.

Presiden  yakin dengan pengembangan yang terintegrasi, industri pengolahan minerba akan tumbuh lebih cepat lagi dan memberikan nilai tambah. (san*)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category