Other

Penetrasi Pasar, Hadirkan Dump Truck

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Belarus melakukan penetrasi pasar alat berat di Indonesia. Salah satu negara pecahan Uni Soviet ini  tengah mempersiapkan untuk mengapalkan  lebih banyak lagi alat berat  tambang ke Indonesia.

Rencana pengiriman alat berat itu dipustuskan perseroan menyusul  adanya pertemuan Komisi Perdagangan, Ekonomi, Sains, dan Kerjasama Teknik antara Indonesia dan Belarus di Minsk, beberapa waktu lalu.

Menurut Dutabesar Belarus untuk Indonesia dan ASEAN, Vladimir Lopato-Zagorsky,  salah satu pembicaraan adalah memperluas pemasaran alat berat tambang buatan Belarus, BelAZ.

BelAZ, seperti diberitakan  Kantorberita Belarus, BeITA, merupakan produsen alat berat, terutama di sektor tambang. Andalannya adalah truk besar (dump truck) pengangkut tambang. Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarus, Djauhari Oratmangun, dikhabarkan sudah meninjau pabrik BelAZ di Zhodzina, yang ditempuh dengan empat jam perjalanan darat dari ibukota Belarus, Minsk, ke arah utara.

BelAZ  diproduksi OJSC BelAZ, perseroan manufaktur alat berat milik pemerintah Republik Belaru. BUMN ini bukan pemain baru di sektor industri alat berat. Sudah berdiri sejak 1948, berpusat di Zhdozina dengan penduduk 61.000, BelAZ mempekerjakan  11.000 pekerja yang kebanyakan warga lokal.

Di belakang BelAZ  terdapat sebuah perusahaan nasional. Sejak  melebarkan sayapnya di Indonesia, BelAZ  menggandeng anak usaha jasa angkutan Blue Bird.

BelAZ saat ini tengah mengikuti tender, salah satu di antaranya dari  perusahaan tambang terbesar di Indonesia. ‘’Kami punya semua alasan untuk sukses,’’ kata Vladimir Lopato-Zagorsky. Saat ini sembilan alat berat BelAZ sudah dipakai di Indonesia, dan beroperasi dengan lancar. Diharapkan pada kuartal ke-3 dan ke-4 tahun ini hasil tender sudah dibuka.

Solusi efisiensi

PT Pusaka Bumi Transportasi – anak usaha Blue Bird Group yang bergerak di bidang hevy equipment –– menjadi authorized distributor produk alat berat BELAZ yang diproduksi oleh Manufaktur BELAZ, perusahaan asal Republik Belarus.

Bayu P. Djokosoetono, Presiden Direktur PT Pusaka Bumi Transportasi, mengatakan dengan keunggulan yang dimiliki, BelAZ dapat menjadi solusi untuk efisiensi perusahaan tambang. ”BelAZ adalah produk yang layak untuk diperhitungkan, layak untuk digunakan dan bisa menjadi solusi untuk efisiensi dari perusahaan-perusahaan tambang di Indonesia,” ujar Bayu berpromosi pada satu kesempatan..

Sejak 2012, PT Pusaka Bumi Transportasi merupakan divisi alat berat Blue Bird Group. Truk BelAZ adalah  produk utama, mulai dari kapasitas 50 ton sampai 490 ton. Unit tersebut memiliki mesin yang handal dan efisien. Hingga saat ini Pusaka Bumi telah berhasil melakukan penetrasi pasar alat berat di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Pada 2016 kinerja penjualan BelAZ meninggi. PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk melakukan pengadaan sebanyak 40 unit truk BelAZ. Produk  dengan standar uji emisi Eropa serta fuel efisiensi ini didatangkan secara bertahap.

Bayu menjelaskan, untuk menunjang aktifitas unit BELAZ di lapangan, pihaknya telah menyiapkan sistem after sales dengan menempatkan suku cadang di lokasi pelanggan untuk kebutuhan beberapa tahun ke depan dan selalu dievaluasi kebutuhannya setiap tahun. “Selain ketersediaan suku cadang, juga disiapkan para teknisi handal dengan supervisi yang ketat dari principal untuk mensupport semua pelanggan,” ujar Bayu.

”Kami tidak ingin menemukan pelanggan yang kesulitan khususnya masalah teknis di lapangan. Kami harus lebih dekat agar ada kemudahan dapat diraih pelanggan,” tambah  Bayu.

Saat ini terdapat lima pemain utama alat berat di Indonesia. Kelimanya itu adalah PT United Tractor, PT Komatsu, PT Caterpilar, PT Kobelko, PT Hitachi. Mampukah BelAZ merebut ceruk pasar alat berat di Indonesia  yang kian menyempit? (san)

 

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category