Energy

Pencurian Listrik Mencedrai Semangat Peningkatan Elektrifikasi

img title

Jakarta, PetroEnergy.id --Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini tengah melakukan penyidikan terhadap dugaan penggunaan tenaga listrik yang bukan haknya secara melawan hukum (pencurian listrik) sebagaimana dimaksud pada Pasal 51 ayat (3) Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan di PT Wirajaya Packindo dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan denda paling tinggi Rp 2,5 miliar.

"Selanjutnya akan ada gelar perkara bersama POLDA Metro Jaya. Kami punya banyak alat bukti dan saksi kunci untuk kasus ini. Alat bukti diantaranya pembayaran upah kepada orang yang mencuri," kata Djisman Hutajulu Staf Penyidik PPNS Ketenagalistrikan Kementerian ESDM di Jakarta Selasa 24 Mei 2016.

Dari hasil penyidikan itu PPNS telah menetapkan lima tersangka. Empat orang merupakan petugas alih daya (outsourcing) PT PLN (Persero) dan telah dijatuhi vonis oleh Pengadilan Negeri Tangerang pada tanggal 4 Mei 2016 berupa Pidana Penjara selama 8 (delapan) bulan serta denda sebanyak Rp. 1.000.000.000 (satu miliar rupiah).Salah satu tersangka lainnya adalah Komisaris PT PT Wirajaya Packindo itu sendiri.

"Modus mereka dengan mengakali meteran di jam -jam tertentu dengan memutus kawat sehingga tidak terukur semestinya. Mereka lakukan ini berulang. Mereka mencoba menipu disini padahal kami sudah punya teknologi untuk mencegah ini. Dan akhirnya terungkap," tambahnya

PPNS Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Pemerintah berharap ada efek jera terhadap pelaku pencurian listrik yang berdampak terhadap kelangsungan penyediaan tenaga listrik dan bahaya kebakaran."Pencurian listrik dalam bentuk apapupn tak bisa ditoleransi karena ini juga mencedrai semangat kita untuk meningkatkan elektrifikasi nasional. Sementara Negara berupaya membangun proyek listrik untuk kemaslahatan disisi lain ada orang yang ingin mengambil keuntungan dengan cara ilegal. Ini tak bisa dibiarkan," tukasnya (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category