Other

Pemerintah Usulkan 3 Opsi Formula ICP

img title

Jakarta, petroenergy.id - Pemerintah tengah membahas perubahan formula harga minyak Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP).  Terkait hal tersebut, Kementerian ESDM mengusulkan tiga opsi yang nantinya akan dibahas di tingkat pimpinan negara.  

Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja disela-sela rapat kerja dengan Komisi VII DPR, Selasa (21/6), mengatakan, pembahasan perubahan formula ICP telah memasuki tahap akhir. 

Setelah rampung, kata dia, tiga opsi ini akan disampaikan oleh Menteri ESDM Sudirman Said ke tingkat yang lebih tinggi.

“Berbagai opsi kita usulkan. Nanti ‘kan, alternatif  itu dibahas di level atas untuk diputuskan,” kata Wiratmaja Puja.

Dari pembahasan tingkat tinggi, lanjut dia, akan diputuskan opsi mana yang akan dipilih. Bukan tidak mungkin tetap menggunakan formula yang lama.

Wiratmaja Puja lebih jauh menjelaskan, baik formula ICP yang lama maupun usulan yang baru, memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk formula yang digunakan saat ini, kata dia, didasarkan pada publikasi. Padahal, produksi minyak Indonesia tidak besar sehingga publikasinya menjadi rentan. Dengan menggunakan formula baru, diharapkan harga minyak Indonesia lebih stabil.

Formula ICP yang digunakan saat ini adalah 50% RIM dan 50% Platts. Formula ini telah digunakan sejak 2007 dan belum mengalami perubahan. (migas.esdm.go.id/mk)

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category