Business

Pemerintah Setuju Iran Bangun Kilang Minyak Baru

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pemerintah merspon positif tawaran Iran ingin membangun kilang minyak baru di Indonesia, menyusul rencana pemerintah yang akan membangun kilang di Bontang, Kalimantan Timur.

Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, belum lama ini, menyatakan, Iran berkeingin untuk membangun kilang minyak berkapasitas di atas 100.000 barel per hari.

“Iran, ingin bangun kilang baru. Dalam usulan Iran bersedia membangun kilang berkapasitas di atas  100.000 barel per hari, dan crude-nya dari dia,” kata IGN Wiratmaja Puja, dikutip www.migas.esdm.go.id, Rabu (10/8).

Wiratmaja Puja menjelaskan bahwa Pemerintah akan meminta proposal pembangunan kilang kepada Iran. Pada tahap awal ini, kata Wirat, Pemerintah menawarkan kilang Bontang dengan skema kerja sama Pemerintah dan badan usaha.

Ditambahkan, rencana pembangunan kilang Bontang sendiri hingga saat ini masih dalam tahap market sounding hingga September mendatang. Untuk mempercepat pembangunannya, tengah dibahas kemungkinan untuk dilakukannya penugasan dari Pemerintah.

Dilihat dari sisi kebutuhan, Indonesia perlu membangun kilang untuk mengurangi ketergantungan impor BBM. Diperkirakan mamapu  menghemat devisa negara dan menjaga stabilitas nilai tukar serta memacu pertumbuhan industri domestik dan pasar tenaga kerja. 

Keberadaan kilang minyak dalam negeri Indonesia saat ini, adalah milik PT Pertamina yaitu kilang Dumai, Sungai Pakning, Plaju, Cepu, Balikpapan, Kasim, Cilacap dan Balongan, plus kilang milik swasta yaitu Tuban/TPPI dan TWU.  (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category