Other

Pemerintah Lakukan Uji Coba Penyaluran Tertutup LPG Ukuran 3 Kg

img title

Jakarta, petroenergy.id - Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja,  mengatakan bahwa di beberapa daerah sudah dilakukan identifikasi untuk dilakukan uji coba penyaluran tertutup LPG tabung 3 kg, antara lain di Bangka, Batam dan Bali.

“Ke depannya, identifikasi akan dilakukan di Banten dan Jawa Tengah,” katanya.

Usai raker dengan Badan Anggaran DPR, Rabu (13/7), Wiratmaja Puja menjelaskan bahwa pada Agustus 2016, Pemerintah akan melakukan uji coba penyaluran tertutup LPG tabung ukuran 3 kg di Tarakan.

Uji coba tertutup ini, lanjut dia, akan mengacu pada hasil yang diperoleh dari uji coba selama 3 bulan yang akan dilaksanakan di Tarakan mulai Agustus 2016. “Jadi 3 bulan pertama ini, kita perlu lihat lesson learn-nya,” tegas Wiratmaja Puja.

Khusus uji coba di Tarakan, Pemerintah telah melakukan update data rumah tangga dan usaha kecil menengah (UKM) yang berhak menerima LPG bersubsidi tersebut. Pendataan ulang perlu dilakukan, mengingat data terakhir yang dimiliki tahun 2012 lalu.

Masyarakat dan UKM yang berhak menerima LPG bersubsidi ini, nantinya akan diberi kartu yang merupakan hasil kerja sama Pemerintah dengan Bank BNI. Dengan membawa kartu yang berisi kuota pembelian per bulan tersebut, masyarakat harus datang ke pangkalan atau agen yang telah ditentukan. Kartu tersebut kemudian digesek untuk mengetahui  data pembeli dan kuota yang dimilikinya. Untuk rumah tangga, diberikan kuota 3 tabung per bulan, sedangkan UKM sebanyak 10 hingga 12 tabung.

“UKM seperti tukang bakso pasti dapat (jatah LPG). Tapi restoran tidak dapat, rumah makan juga tidak dapat. Kalau warung tegal dapat. Kira-kira range-nya (kisaran) antara 10 sampai 12 tabung LPG 3 kg per bulannya,” kata Wiratmaja Puja. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category