Energy

Pemerintah Komitmen Rasio Elektrifikasi 100% Sampai Tahun 2020

img title

Beijing, PetroEnergy.id --Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan rasio elektrifikasi 100% pada tahun 2020. Ini membutuhkan berbagai terobosan mengingat 13% komunitas yg belum mempunyai akses listrik terletak didaerah yang terisolasi dan sulit dijangkau. Kementerian ESDM telah mencanangkan Program Indonesia Terang, sebagai upaya mempercepat upaya melistriki 12.659 desa tertinggal menuju terwujudnya rasio elektrifikasi 100% pada tahun 2020.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said menyatakan dalam sambutanya pada Pertemuan Tingkat Menteri Energi G20 yang berlangsung di Beijing, 29-30 Juni 2016, bahwa Indonesia siap memainkan peran sentral dalam mendorong percepatan pemenuhan energi untuk semua, baik dalam konteks nasional maupun regional.

Ia juga menyerukan pentingnya kerjasama global untuk mewujudkan akses energi untuk seluruh penduduk dunia pada tahun 2030. Pemenuhan tersebut dilakukan dengan semaksimal mungkin memanfaatkan energi bersih dan terbarukan. Saat ini masih ada 1,2 milliar penduduk dunia yang belum memiliki akses listrik, dan cara terbaik untuk menjangkaunya adalah dengan sistem micro grid memanfaatkan energi terbarukan.

Untuk itu melihat pentingnya membangun kemitraan berkelanjutan (sustainable partnership) berbagai pihak, melibatkan seluruh negara dan pemangku kepentingan dalam mewujudkan akses energi untuk semua.


"Tidak ada negara yang dapat memenuhi kebutuhan energinya sendiri, dan kerjasama antar negara dan antar pemangku kepentingan adalah mutlak untuk terwujudnya akses energi untuk semua sesuai tujuan Agenda Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2030." ujarnya dalam keterangan pers Rabu 29 Juni 2016. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category