Other

Pemerintah Jadikan Natuna Sasaran Pengembangan Ekonomi

img title

Cikampek, petroenergy.id - Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, di Kepulauan Natuna terdapat 16 wilayah kerja (WK) migas,  di mana 5 diantaranya telah berproduksi dan 11 dalam tahap eksplorasi. Di lokasi tersebut juga terdapat 25 platform anjungan lepas pantai.

Oleh karena itu, kata Sudirman Said, pemerintah akan pengembangan ekonomi di kawasan Natuna tersebut.

Usai meninjau kesiapan pasokan BBM dan LPG menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2016 di TBBM Cikampek, Jumat (24/6), Sudirman Said, lebih jauh menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan terkait rencana pengembangan Natuna.

Menurutnya, usai rapat terbatas, Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar kegiatan bisnis migas di Natuna dapat ditingkatkan karena presensi ekonomi merupakan hal yang penting.

Pemerintah akan meningkatkan pengembangan ekonomi di wilayah Kepulauan Natuna dan sekitarnya difokuskan pada industri migas dan perikanan. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo usai rapat terbatas yang digelar di atas kapal KRI Imam Bonjol 383, pekan lalu.

“Ada arahan kemarin agar sebisa mungkin kantor-kantor pendukung dari (KKKS) yang beroperasi di Natuna, dipindahkan ke Natuna. Kalau harus di Jakarta, apa boleh buat. Tapi kalau bisa, dipindahkan ke Natuna. Logistik juga kalau bisa dipindahkan ke Natuna,” tambah Sudirman.

Dengan adanya peningkatan kegiatan migas dan perikanan di Natuna, diharapkan masyarakat setempat dapat menikmati manfaatnya.

Pengembangan Kepulauan Natuna merupakan salah satu prioritas Presiden Jokowi untuk memajukan wilayah terluar, pulau terdepan dan kawasan perbatasan di Indonesia. Presiden menyadari, wilayah terluar Indonesia berperan sebagai gerbang kedaulatan negara.

Presiden Jokowi menginstruksikan kepada menteri terkait agar dilakukan percepatan pembangunan di Natuna. Konektivitas maupun pembangunan ekonomi seperti industri perikanan, migas, dan pariwisata bahari perlu segera dilakukan. Presiden juga berpesan agar patroli dan penjagaan kawasan Natuna harus ditingkatkan. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category