Investment

Pemerintah Dukung Jika Investor Panasbumi Ingin Pengeboran Slim Hole Diawal

img title

Jakarta, PetroEnergy—Yunus Saefulhak, Direktur Panasbumi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan mendukung segala hal yang mempermudah investor Panasbumi termasuk dalam hal pengeboran.

“Selama ini kan investor Panasbumi lebih suka memilih pengeboran big hole yang untuk mencapai lokasi pengeborannya saja harus membuka jalan dengan luas sekitar 12 meter. Ini tentu sangat merepotkan dan memerlukan biaya tingggi.” Kata Yunus kepada PetroEnergy 31 Oktober 2016.

“Lalu sekarang kalau investor diawal mau melakukan pengeboran slim hole saja dulu dengan mobile rig truck. Kita dukung saja. Yang pentingkan investor bisa membuktikan dulu ada atau tidaknya reserves di sumur tersebut dari pada mesti mobilisasi besar-besaran di awal. “ tambahnya.

Setelah reserves dibuktikan untuk selanjutnya ditetapkan WKP (Wilayah Kerja Panasbumi), maka kemudian bisa ditetapkan status komersial. “Dengan konsep saya rasa ini pasti menarik, menghemat waktu dan laku”, tegasnya. Sebab, katanya, reserves bisa terbukti dengan pengeboran dengan cepat.

Jadi, katanya, kalau investor mau gunakan mobile rig truck untuk mempermudah pengeboran slim hole maka Pemerintah mempersilahkan saja. “ Pemerintah akan mendukung dan tak akan menghambat dengan regulasi apapun. Diharapkan akan tumbuh multiplayer effect juga bagi bisnis pengeboran. Termasuk juga ATPM bila ada yang berminat, “ tandasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category