Other

Pemerintah Bagikan Konverter Kit untuk Nelayan

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pemerintah akan membagikan konverter kit untuk nelayan sebagai wujud kepedulian kepada nelayan sekaligus untuk menurunkan biaya bahan bakar serta sebagai bagian dari Program Konversi BBM ke Gas.

Pemerintah akan membagikan konverter kit untuk nelayan. Pada tahun 2017, direncanakan akan dibagikan 10.000 unit konverter kit untuk nelayan, meningkat 2 kali lipat dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 5.000 unit.

Paket konverter kit yang akan dibagikan tahun 2017 tersebut, menurut Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja usai raker dengan Badan Anggaran DPR, Rabu (13/7), mengatakan, akan dibagikan ke beberapa daerah, antara lain Nusa Tenggara, Sumatera dan Kalimantan. Konverter kit yang akan dibagikan tersebut merupakan hasil produksi dalam negeri. “

Kita anggarkan (konverter kit untuk nelayan) lebih banyak lagi untuk tahun 2017, dibagikan mulai dari Lombok, Sumatera dan Kalimantan,” katanya.

Sementara untuk pembagian 5.000 unit konverter kit bagi nelayan yang dibagikan tahun ini, jelas Wirat, saat ini dalam tahap persiapan pelaksanaan karena pemenang lelangnya sudah ada. Konverter kit akan dibagikan untuk nelayan di daerah Pantai Utara Jawa, Pantai Selatan Jawa dan Bali.

Konverter kit akan diberikan kepada nelayan-nelayan kecil yang kapasitas kapalnya kurang dari 5 GT. Pemanfaatan gas sebagai bahan bakar membawa banyak keuntungan bagi nelayan, antara lain meningkatnya penghasilan seiring menurunnya pengeluatan untuk konsumsi bahan bakar, ketersediaannya lebih terjamin ketimbang Solar dan ramah lingkungan.

Khusus terkait penghematan, dengan menggunakan gas LPG, nelayan dapat menghemat biaya hingga 60%. Perhitungannya, satu tabung LPG berukuran 3 kg seharga sekitar Rp 20-25 ribu dan dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk melaut sekitar 3 hari. Sementara jika menggunakan BBM, tiap kali melaut memerlukan BBM sebanyak 2 liter atau sekitar Rp18-20 ribu per hari atau sekitar Rp 54-60 ribu untuk 3 hari. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category