Investment

Pemerintah Akan Bangun 14 Kawasan Industri Baru

img title

Jakarta – petroenergy.id-- Direktur Jendral Logam Industri Logam, MESIN, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementrian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan menilai ada lima pilar dalam menunjang Program Tol Laut Pemerintah Joko Widodo. Kelima pila tersebut adalah membangun kembali budaya maritim, mengoptimalkan sumber daya kelautan sebagai sumber kehidupan, Industri galangan kapal, industri komponen kapal dan pelabuhan.

Menurut Putu, dengan adanya kekuatan tersebut, maka Indonesia mempunyai daya tawar di mata Internasional. Kelima pilar tersebut harus diimplementasikan. Ada dua hal utama yang dikaitan dengan Kementrian Perindustrian. Pertama, industri galangan kapal dan industri komponen kapal Kedua, pengembangan pusat-pusat industri baru.

“Selain itu akan menimbulkan multiplier effect yang sangat luas. Sebab, membangun kapal, sama halnya membangun suatu gedung yang melibatkan banyak kegiatan,” ujarnya pada, 25 Mei di Jakarta dalam wawancara khusus.

Putu menambahkan, industri galangan kapal, selain pada modal juga padat tenaga kerja. Hal ini sangat cocok dengan Indonesia yang mempunyai bonus demografi. Tentunya kita harus menyiapkan pelatihan-pelatihan, sertifikasi kompetensi supaya kita tidak tergantung dengan badan sertifikasi internasional.  

“Peran yang tak kalah penting yang menjadi konsentrasi kementrian ini adalah membangun pusat-pusat industri baru. Kalau tidak dikembangkan pusat-pusat industri baru, maka kapal-kapal yang berkeliling ke pulau-pulau Indonesia akan kosong muatan ketika kapal tersebut kembali ke Jawa setelah mengangkut komuditas dari Indonesia Barat, khususnya Pulau Jawa,” lanjutnya serius.

Rencananya sampai 2019, pemerintah akan membangun 7 kawasan industri baru di Indonesia Timur yang dipusatkan di Sulawesi (5 kawasan), satu di Sorong dan satu di Maluku Utara serta 7 kawasan industri baru di Indonesia Barat, di luar pulau Jawa..”Kawasan-kawasan industri baru itu berada di alur laut internasional, sehingga diharapkan kapal-kapal internasional singgah di kawasan tersebut,” tegasnya. Kawasan-kawasan industri baru tersebut, kata Gusti, telah diminati oleh Anker tenant yang cukup punya nama. Diharapkan masuknya Anker Tenant tersebut akan mengundang industri-industri lain masuk di kawasan baru tersebut.[] Yuniman

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category