Oil & Gas

Pemboran Sumur PDW-8 Paku Gajah Hasilkan Gas & Kondensat

img title

Muara Enim, Petroenergy.id – Paku Gajah Development Project (PGDP) kembali menunjukkan kinerja yang positif. Memasuki bulan April 2016 Paku Gajah Development Project (PGDP) PT Pertamina EP kembali mendapatkan hasil yang menggembirakan dari pemboran Sumur Pengembangan PDW-8 yang mencapai kedalaman akhir 1590 mMD dan telah released pada tanggal 17 April 2016 pukul 24:00 lalu, dengan menggunakan Rig EMSCO D-2/M PDSI.

“Sumur PDW-8 merupakan sumur pertama Tahun 2016 di PGDP, dari 6 (enam) sumur pengembangan yang direncanakan pada tahun ini, selanjutnya 5 (lima) sumur berikutnya adalah sumur KAG-A2, TSM-6, KAG-A3, KRD-3 dan KAG-A1”, ujar Musallam Latuconsina General Manager PGDP.

Lebih lanjut, Musallam menjelaskan bahwa sumur PDW-8 ini terletak kurang lebih 60 KM ke arah selatan dari Prabumulih, tepatnya di Desa Pagardewa, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Sumur ini ditajak pada tanggal 23 Maret 2016 dan diselesaikan dalam waktu 26 hari operasi (dalam rangka efisiensi, tahap uji produksinya dilakukan secara Rigless dan at cost yang selesai pada hari Jum’at, 22 April 2016), membawa efisiensi dengan realisasi anggaran senilai 54.86% (tanpa uji produksi) dari AFE Budget.

Hasil uji produksi sumur pengembangan PDW-8 mencatatkan pada open flow dengan rate gas sebesar 10.67 MMSCFD dan kondensat 16.3 BCPD, sedangkan pada MIT (Modified Isochronal Test) dengan bean size 13 mm mencatatkan rate gas sebesar 5.53 MMSCFD dan kondensat 23.7 BCPD dari lapisan Batu gamping Formasi Baturaja interval 1523-1528 mMD Struktur Pagardewa.

“Implikasi dari keberhasilan pemboran ini, akan mampu meningkatkan produksi gas dan kondensat PGDP dan Asset-2. Sumur PDW-8 akan diproduksikan dengan angka rataan produksi sekitar 2 MMSCFD dan 30 BCPD pada September 2016, atau setelah flowline PDW-8 selesai (pengerjaan flowline PDW-8 direncanakan dimulai pada Juli-Agustus 2016)”, tambah Musallam.

Sebelumnya, status bulan Maret 2016 produksi Paku Gajah rata-rata adalah gas sebesar 46.1 MMSCFD dan kondensat sebesar 1019 BCPD. PGDP telah berkontribusi menyumbang Produksi Migas PEP Asset 2 sebesar 10%.

“Segenap Manajemen Paku Gajah Development Project (PGDP) PT Pertamina EP mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas berkat rahmat yang diberikan dan juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, antara lain : Asset 2, Drilling Departement, Bussiness Partnership PDSI, Para Mitra, Aparat Pemerintahan serta Pengamanan yang telah bersama-sama mensukseskan keberhasilan sumur pengembangan Pagardewa (PDW)-8 ini”, pungkasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category