Business

Pembentukan Holding Energi Jangan Hanya Untuk Inbreng

img title

Jakarta, PetroEnergy.id --Menteri BUMN Rini Soemarno saat ini sedang memproses Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai dasar hukum pembentukan holding energi. Konon RPP itu sudah di meja Presiden untuk di tanda-tangani.

Dalam RPP itu disebutkan bahwa Negara Republik Indonesia melakukan penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) ke Pertamina. PMN tersebut diambilkan dari pengalihan saham seri B milik negara yang ada pada PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk untuk dialihkan ke Pertamina (inbreng). RPP itu tidak menyebutkan sama sehli konsep, tujuan dan proses pembentukan Inkling energi. sehingga ditenggarai holding energi hanyalah sebagai bungkus inbreng.

Fahmi Radhi, Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), menyatakan konsep pembentukan holding energi  sepertinya hanya simplifikasi penunjukan PT Pertamina sebagai perusahaan holding, yang akan “mencaplok” PT. PGN Tbk melalui mekanisme inbreng.

Selain konsepnya tidak jelas, tujuannya pun juga sangat naive. Tujuan inbreng tersebut semata-mata hanya untuk memperkuat struktur modal Pertamina dalam waktu singkat, sehingga memudahkan untuk mendapatkan tambahan ulang pada 20l8. Ujung-ujungnya, utang Pertamina itu akan diperoleh dari China, seperti dilakukan Rini sebelumnya dalam mencarikan utang tiga BUMN Perbankan.

"Kalau cuma buat tujuan inbreng buat apa? Saya khawatir jadi gak menyelesaikan masalah harga gas yang tinggi kalau cuma tujuannya itu,"  kata Fahmi dalam acara diskusi CORE 4 Oktober 2016 di Jakarta.

Untuk itu, ia berharap keputusan pembentukan holding energi tidak boleh dilakukan secara terburu-buru, tetapi harus dilakukan secara hati-hati dengan kajian mendalam sebagai dasar keputusan. Sangat disayangkan bahwa hasil kajian yang dibuat dalam rangka persiapan RPP tersebut temyata hanya sekedar untuk justifikasi keputusan inbreng. Premis kajian itu awalnya menggabarkan kondisi Pertamina, namun kesimpulannya mengerucut pada keputusan inbreng. pengalihan saham milik negara di PGN ke Pertamina, dengan mengatasnamakan upaya perbaikan sektor energi. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category