Energy

Pembangunan PLTN Sebaiknya Dimasukkan Dalam RUPTL?

img title

Jakarta, PetroEnergy.id --  Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat, Kurtubi menginginkan agar  pengembangan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) di Indonesia tidak hanya sebatas untuk riset seperti tertuang dalam Kebijakan Energi Nasional.

"Pengembangan nuklir di Indonesia harus berani menyatakan untuk Go PLTN. Kenapa kita harus takut terima PLTN skala besar. Vietnam yang Negaranya belum lama selesai perang saja sudah mampu membangun PLTN skala besar?, " kata Kurtubi kepada PetroEnergy.id belum lama ini di Jakarta.

Maka dari itu, kata dia, janganlah untuk pengembangan PLTN ini dijadikan opsi terakhir dalam Kebijakan Energi Nasional.

Yang penting untuk mengembangkan ini bagaimana skema bisnis terbaik dengan investor yang bisa didapat dari pembangunan PLTN. "Negara jangan dirugikan dalam skema bisnisnya," tambahnya.

Kemudian mencari lokasi tempat yang terbaik dan teraman bagi pembangunan PLTN. "Kalau masalah teknis proyek saya yakin bisa dicari yang terbaik," tambahnya.

Contohnya jika mau dibangun di darat maka bisa cari pulau teraman dari bahaya gempa dan bahaya tsunami. Begitu pula jika PLTN yang floating PLTN bisa mencari yang teraman juga.

"Dan terakhir sebaiknya PLTN juga dimasukkan dalam RUPTL PLN," tukasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category