Other

Pelatihan Tenun Ikat dari INPEX Buat Penenun Kembali Optimis

img title

 

Jakarta, PetroEenergy.id -- INPEX, sebagai perusahaan Minyak dan Gas yang beroperasi di Tanimbar, terpanggil untuk membantu PemKab Maluku Tenggara Barat (MTB) mengembangkan Tenun Ikat Tanimbar sebagai salah satu program unggulan investasi sosial. Itulah salah satu program CSR kami”, kata Senior Manager Communication INPEX Indonesia, Usman Slamet kepada PetroEenergy belum lama ini di Jakarta.

INPEX melalkukan program ini dilakukan sejak 2013. INPEX menggandeng sejumlah perancang busana terkenal antara lain Samuel Wattimena dan Wignyo Rahadi guna memberikan pelatihan kapasitas bagipenenun Tanimbar agar mampu menghasilkan warna tenun yang lebih bervariasi dan kualitas tenun yang mempunyai daya jual.

Usman menyatakan, potensi penenun lokal di MTB  sangat potensial. Rata-rata dari mereka dari sisi kualitas teknik tidak kalah dengan penenun lainnya. Hanya saja perlu ada pelatihan yang  berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan kreativitas dan kompetensi penenun lokal.

Ia mengungkapkan, kini sudah mulai tampak hasil positif dari program tersebut,  diantaranya dari sisi pembinaan pengrajin lokal, melalui kerjasama antara INPEX dan sejumlah dinas di MTB antara lain DinasKoperasi dan UMKM, Bagian Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pariwisata telah terbentuk kelompok-kelompok binaan secara langsung maupun tidak disejumlah desa di MTB yang mengikuti pola pelatihan yang diajarkan.

Sebagian besar diataranya bahkan kini sudah fasih menunjukan kemampuan dalam menghasilkan hasil modifikasi tenun dengan warna yang baru. Dari sisi bantuan regulasi kebijakan, kini sudah ada peraturan yang mewajibkan penggunaan seragam tenun motif tanimbar bagi PNS di MTB yang membantu menggerakan pasar setempat.

Usman menceritakan akan pelatihan yang diajarkan oleh INPEX melalui Wignyo WignyoRahadi – Perancang busana dan pemerhati tenun ikat nasional telah membuka wawasan dan ketrampilan tentang cara menenun yang sesuai dengan perkembangan dan selera pasar tanpa meninggalkan corak khas yang dimiliki tenun Tanimbar. Beberapa teknik yang diajarkan Wignyo antara lain dalam hal pemilihan jenis benang, menyusun dan mengatur pola yang akan diterapkan pada benang tersebut hingga pengenalan terhadapAsliTenun Bukan Mesin (ATBM) dari yang semula yang hanya menggunakan alat Gedokan dalam menenun.

Tenun Ikat Tanimbar sebenarnya memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan. Hal ini ditambah dengan tren sekarang yang cenderung mengarah kepada corak tradisional khas nusantara. Seeblumnya dari sisi perkembangannya, tenun ikat Tanimbar cukup tertingal dengan tenun-tenun lain yang sudah lama tersohor terutama dari sisi kualitas dan akses pasar.

 

 

Dari sisi akses pasar, Usman melanjutkan, beberapa model hasil modifikasi desain kain tenun Ikat Tanimbar kini menjadi lirikan para designer Indonesia untuk ditampilkan. Hal tersebut dibuktikan diantaranya melalui beberapa pagelaran busana nasional yang menggunakan tenun Tanimbar sebagai motif tenun utamanya. Motif tenun Tanimbar juga sempat terpilih sebagai busana untuk seragam yang digunakan oleh host dalam salah satu acara di stasiun TV ternama.

Bahkan, kini Presiden dan kabinetnya juga mulai memesankain tenun Tanimbar untukdigunakan dalam acara Negara. Puncaknya belum lama ini, sebuah pagelaran fashion show pertama di MTB digelar di Saumlaki, MTB.  Event fashion show diyakini banyak pihak kala itu sebagai pilihan yang tepat untuk meningkatkan visibilitas dan mengembalikan pesona tenun ikat Tanimbar ini di mata publik.

Wakil Bupati MTB, Petrus Paulus Werembinan saat membuka acara Fashion Show menyatakan bahwa momentum yang baik agar tenun Tanimbar dapat berdiri sejajar dengan tenun lain dan menjadi kebanggan masyarakat Tanimbar.

Beberapa penenun mengungkapkan derasnya pesanan kain tenun yang datang silih berganti dari sebagian besar pejabat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) . (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category