Other

Pelaksanaan Subsidi Langsung LPG 3kg Mulai Maret 2017

img title

Jakarta, petroenergy.id - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja menjelaskan, pelaksanaan subsidi langsung Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg untuk masyarakat miskin dan rentan miskin, akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Maret 2017. Kementerian ESDM bekerja sama dengan Kementerian Sosial terkait pendataan dan pembagian kartu kepada masyarakat yang berhak.

“Kita akan menggunakan skema subsidi langsung, bekerja sama dengan Kementerian Sosial. Jadi keluarga yang berhak dapat satu kartu yang nantinya dapat jatah LPG 3 kg sebanyak 3 tabung per bulan. Kalau yang usaha mikro ( dapat) 9 tabung,”  jelas Wiratmaja di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (5/1).

Dijelaskan Wirat, satu kartu yang diberikan untuk masyarakat miskin tersebut, tidak dikhususkan untuk pembelian LPG 3 kg, melainkan untuk program bantuan khusus lainnya yang tengah dijalankan Pemerintah. Lokasi penerapan program ini, akan dimulai di pulau-pulau.

Agar pelaksanaan program berjalan lancar, Kementerian ESDM melakukan diskusi yang intensif dengan Kementerian Sosial. Pada saat ini, Kementerian Sosial telah menyebarkan sekitar 800.000 kartu dan akan diteliti daerah mana yang paling siap untuk penerapan subsidi langsung LPG 3 kg ini. “Sedang kita bahas, (daerah) mana yang paling siap. Kementerian Sosial sudah menyebarkan sekitar 800.000 kartu juga,” ujar Wirat.

Dalam pelaksanaan program ini, Pemerintah bekerja sama dengan perbankan nasional seperti BRI, BNI dan Mandiri. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category