Other

Patra Niaga Akomodir Tuntutan Sopir Tanki BBM

img title

Jakarta, petroenergy.id - PT Pertamina Patra Niaga sepakat mengakomodir beberapa tuntutan ratusan sopir tanki BBM yang melakukan mogok kerja. Keputusan ini diambil mengingat distibusi BBM merupakan kegiatan strategis dan vital. 

Menjelaskan kepada pers di Jakarta, Rabu (18/11/2016), Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Ghandi Sriwidodo mengatakan, awak mobil tanki (AMT) yang melakukan mogok bukan karyawan langsung Patra Niaga. “Mereka dibawa PT Sapta Sarana Sejahtera, perusahaan jasa penyedia AMT yang bekerjasama dengan pihak kami. Jadi AMT adalah pekerja outsourcing,” ujar Ghandi.

Namun begitu, Pertamina tetap peduli dengan keberadaan mereka, ditandai dengan adanya beberapa kali mediasi. “Beberapa tuntutan mereka bisa kami akomodir,” tandas Ghandi, dengan menambahkkan, dari 1.178 AMT, sebanyak 200 orang kini tidak aktif. “Sebenarnya yang loyal masih banyak,” tambahnya.

Permintaan tunjangan pensiun adalah salah satu tuntutan para sopir. “Akan kami atur sistem kontrak pada perusahaan jasa tersebut,” ujar Ghandi. Kerani (petugas pengatur rute mobil tanki) yang tidak dipekerjakan kembali yang jumlahnya delapan orang, akan dipekerjakan kembali dalam posisi yang berbeda. “Mungkin saja mereka mau menjadi awak mobil tanki misalnya,” ujarnya.

Untuk tuntutan diangkat sebagai karyawan tetap Patra Niaga, menurut Ghandi, pihaknya tidak bisa memenuhi tuntutan tersebut. Solusinya, sedang dibahas untuk menjadikan mereka sebagai karyawan tetap Sapta Sarana, atau dengan memperpanjang masa kontrak menjadi lima atau 10 tahun, berikut dengan segala fasilitas yang disediakan perusahaan.

“Kami juga minta kepada perusahaan Sapta Sarana agar BPJS, hak cuti sopir segera dipenuhi,” ujar Ghandi. Patra Niaga sendiri tidak berpeluang mengangkat mereka sebagai karyawan karena kegiatan distribusi BBM bersifat kontrak dua tahunan dengan induk usahanya Pertamina.

Core business kami sebenarnya tidak di distribusi BBM. Kami hanya mendapat penugasan oleh Pertamina. Untuk Jawa kami, tapi di luar wilayah Jawa ada pihak lain yang ditunjuk Pertamina,” ujar Ghandi menjelaskan. (san)

 

   

 

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category