Energy

Paket PLTST 145 kW Untuk Kabupaten Keerom

img title

Jakarta, petroenergi – Kehidupan warga masyarakat di Kabupaten Keerom, Papua, semakin lebih terang setelah delapan paket pembangkit listrik tenaga surya terpusat (PLTST) dengan total kapasitas terpasang 145 kilowatt (kW) diresmikan Jumat (10/3).

Bersamaan dengan itu 65 unit penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya atau PJU cerdas turut  diresmikan. Menurut Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),  pembangunan PLTS dan PJU merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan dan mempercepat akses listrik untuk daerah–daerah terluar dan di perbatasan.

PLTST tersebut  melistriki delapan desa di Kabupaten Keerom, yaitu Kampung Skopro, Ampas, Kalibom, Pund, Banda, Yuwainda, Yabanda dan Kampung Kalimo. Kedelapan unit PLTS telah diserahterimakan Ditjen EBTKE kepada Pemerintah Kabupaten Keerom pada 24 Februari 2017 di Makassar.

Rida mengatakan sepanjang 2016, Ditjen EBTKE telah membangun 17 unit PLTS di enam kabupaten di Provinsi Papua dengan total 385 kilowatt peak (kWp), 190 unit PJU tenaga surya dan 200 unit LED trofit.

Kabupaten Keerom merupakan kawasan di Provinsi Papua yang berada di ujung timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea. Kabupaten Keerom terdiri dari 11 distrik dan 91 kampung dengan jumlah penduduk 58.439 jiwa. “Dengan pembangunan PLTS ini, kami dapat merasakan listrik 24 jam,” ujar Celsius Watae, Bupati Keerom.(san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category