Company

Pabrik Excavator Sumitomo di Karawang Capai 50% Local Content

img title

Jakarta, petroenergy.id --Sumitomo (S.H.I) Construction Machinery Co. Ltd, perusahaan alat berat terkemuka dari Jepang kembali mewujudkan komitmennya dalam mendukung pengembangan infrastruktur di Indonesia dengan ikut serta dalam Pameran Mining EXPO di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Pameran ini berlangsung dari tanggal 13 – 16 September 2017 dengan turut menghadirkan perusahaan-perusahaan terkemuka di sektor tambang, mulai dari sektor pertambangan dan mineral hingga sektor general construction.

Shoji Uchida, President Director PT Sumitomo S.H.I Construction Machinery Indonesia bahwa Pabrik Excavator PT Sumitomo yang berada di Karawang menjadi telah basis produksi eskavator di ASEAN.  Pabrik yang telah  mempunya total kapasitas produksi 2000 unit pertahunnya itu telah mencapai TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebanyak 50%.

"Tahun lalu disana kami produksi 600 unit, tahun ini kami targetkan 800 unit. Produksi sesuai pesanan saja tergantung keadaan ekonomi juga," katanya menjawab pertanyaan Petrpenergy (13/9) di Acara Pameran Mining Indonesia DI JIEXPO kemayoran, Jakarta.

"Sebenarnya kita punya 3 pabrik. Satu di Jepang untuk menambahkan market dunia. Pabrik di Tiongkok untuk mensuplai Tiongkok sendiri. Dan Pabrik di Indonesia untuk mensuplai ASEAN," katanya.

Ditambahkannya, Pabrik seluas 11 hektare (ha) di Karawang tersebut yang menelan nilai investasi kurang lebih US$ 50 juta dan telah membawa banyak sekali keuntungan Indonesia dari keberadaan pabrik.

Ia mengatakan, 70% dari total produksi di pabrik tersebut di ekspor ke seluruh regional Asia Tenggara dan sisasnya paling banyak 30% untuk Indonesia. Kedepan, melihat geliat pertumbuhan proyek infrastruktur dan membaiknya sektor pertambangan di Indonesia. Ia berharap akan terus prioritaskan Indonesa dengan menargetkan 50% penjualan diserap domestik.

Maka kami ada rencana pengembangan perluasan pabrik untuk permintaan ini. Rencananya dibelakang pabrik existing saat ini ada tanah sisa yang siap jika dipakai untuk menambah bangun pabrik.

Demi menumbuhkan penjualan, Sumitomo menggandeng PT Oscar Mas untuk mengatur sales managerial dan after sales. "Oscar Mas yang support penjualan kami di berbagai daerah dalam tiga tahun terakhir ini," terang Uchida.

Selama mengikuti pameran, Sumitomo memperkenalkan jajaran ekskavator terbaru dan produk unggulannya tahun depan, yakni Asphalt Paver dan ekskavator seri ‘Dash 6’ dengan keunggulan pada kualitas, kelincahan dan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Untuk seri Dash 6 terdiri dari beberapa model, yang mengakomodasi kebutuhan berbagai tugas berat seperti 13 ton, 20 ton dan 35 ton. Seri produk itu sendiri dapat menghadapi berbagai jenis medan dan aktivitas berat, termasuk  kebutuhan konstruksi, kehutanan, pertanian dan pertambangan. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category