Investment

Ormat Incar Semua Peluang Bisnis Panasbumi Indonesia

img title

Jakarta, petroenergy.id – Remi Harimanda, Direktur PT Ormat Geothermal Indonesia menuturkan, bahwa dengan pengalaman lebih dari lima dekade, Ormat Technologies, Inc merupakan perusahaan panas bumi terkemuka dan satu-satunya perusahaan yang terintegrasi secara vertikal terlibat dalam panas bumi dan pembangkit energi terbarukan.

“Di dunia Ormat memiliki dan mengoperasikan 727 Mw di 20 sites. Ormat dari mulai EPC (Engineering Procurement Construction), penyediaan alat sampai pengembangannya kita semua ada lini bisnisnya dalam Panasbumi ini,” kata dia kepada petroenergy di Jakarta, (4/6).

Jadi, lanjut dia, Ormat memiliki area Panasbumi, mengoperasikan, mendesain, memproduksi dan menjual listrik  dari PLTP (Pembangkit Listrik tenaga Panasbumi) yang berbasis pada Ormat Energy Converter unit yang mengkonversi suhu panas rendah, menengah dan tinggi menjadi listrik.

Perusahaan ini sedang merancang, memproduksi dan membangun lebih dari 3000 Mw terinstal (2200 Mw terinstal dan 800 Mw dalam pembangunan), yang terdiri dari 150 PLTP, 300 ORC Units dan 50 juta jam pengalaman kerja.

“Dengan 73 paten Amerika Serikat, solusi  Ormat ini telah diolah dan disempurnakan di bawah kondisi lingkungan yang paling berat,” ujarnya.

Ormat yang memiliki 474 karyawan di Amerika Serikat dan lebih dari 700 di luar negeri mengklaim solusinya fleksibel dan modular untuk pembangkit panas bumi ideal untuk berbagai macam karakteristik sumber daya.

Di Indonesia, lanjut Remi, Ormat pun berkiprah disemua bidang Pansbumi.  Misalnya pada proyek Sarulla Geothermal, Ormat menyediakan Energy Converter (OEC) nya, yang berfungsi sebagai unit kondensasi bagi turbin-turbin uap dan memanfaatkan brine terpisah untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya dan memaksimalkan daya keluaran.

“Ormat juga membuat desain konseptual dari pembangkit listrik tenaga panas bumi unit siklus gabungan. Ormat di Sarulla juga punya saham 12,75% di Sarulla,” tambah Remi.

Terakhir, belum lama ini konsorsium Optima Nusantara Energi dan Ormat telah lulus tahap pertama tender untuk mengembangkan proyek panas bumi 110 MW di WKP Simbolon Samosir di Sumatera Utara.   

“Kami saat ini terus mengincar semua peluang-peluang bisnis Panasbumi lainnya di Indonesia,” tandas Remi. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category