Energy

Negosiasi, PLN Minta Harga Gas Tiung Biru Kurang dari US$ 8

img title

Jakarta, petroenergy.id - PT PLN (Persero) negosiasikan harga gas dari Lapangan Jambaran-Tiung Biru di Blok Cepu lebih rendah dari yang ditawarkan PT Pertamina (Persero) - kurang dari  US$ 8.

Kepala Divisi Pengadaan BBM dan Gas PLN Chairani Rachmatullah, mengatakan, kemungkinan besar PLN menyerap gas dari lapangan itu bila harganya turun.

Terkait pembelian gas kedua perusahaan plat merah tersebut telah menandatangani Head of Agreement(HoA).  Dalam HoA itu dijelaskan bahwa PLN akan membeli 95 juta kaki kubik (mmcsfd) gas dari Lapangan Tiung Biru. Gas ini rencananya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 3 dengan kapasitas 500 MW. 

Namun diakui bahwa  kedua BUMN ini masih belum ada titik temu mengenai harga. Pertamina menawarkan harga US$ 8 dengan eskalasi 2 persen per mmbtu. Harga tersebut berdasarkan perhitungan rencana pengembangan wilayah (Plan of Development/PoD) lapangan Tiung Biru pada tahun 2012.

Sementara PLN menginginkan agar harga gas Tiung biru lebih rendah dari US$ 8 dengan eskalasi 2 persen per juta british thermal unit (mmbtu). "Itu harga tahun 2012, padahal baru berproduksi 2019," kata Chairani dikutip katadata.co.id Edisi Selasa (13/9).

Direktur Utama Pertamina EP Cepu (PEPC) Adriansyah mengatakan harga US$ 8 dengan eskalasi 2 persen per MMBTU memang berdasarkan PoD 2012. Tapi pada saat berproduksi, harga ini bisa menjadi lebih mahal.

Menurut Adriansyah, manajemen PEPC dengan mitranya yakni ExxonMobil Limited Cepu tengah mengupayakan optimalisasi belanja modal. Tujuannya agar harga gas Tiung Biru bisa lebih rendah. 

Agar harga gas dari lapangan ini bisa turun, pemerintah juga tengah mengkaji beberapa opsi. Salah satunya adalah dengan mengurangi bagi hasil yang diterima oleh pemerintah.

Sampai saat ini gas  Lapangan Jambaran-Tiung Biru memang belum laku. Awalnya gas ini akan diserap oleh Pupuk Kujang Cikampek (PKC). Tapi batal karena PKC menginginkan harga yang lebih rendah, yakni US$ 7 per mmbtu. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category