Energy

MPS Energy Solutions Garap Pilot Project PLTAL di Selat Sunda

img title

Jakarta, petroenergy.id – William Papet, Marketing Manager MPS Energy Solutions, menjelaskan bahwa pihaknya saat ini sedang mempersiapkan pilot project 1 MW senilai Rp250 milyar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut  (PLTAL) ​di sekitar Selat Sunda, Provinsi Lampung.​

"Proyek ini sedang dirancang apakah menggunakan dana dari Pemerintah atau skema IPP. Namun tidak tertutup kemungkinan proyek ini akan mendapat dana hibah dari Pemerintah Perancis," demikian dijelaskan kepada petroenergy.id dalam wawancara khusus pada Selasa (27/09/16) di kantor MPS Energy Solutions Consortium di bilangan Jakarta Selatan.

Pada tahap persiapan, William mengaku pihaknya sudah mendapatkan hasil survei bathymetric dan beberapa survei lainnya. "Ada hasil survei yang kami peroleh sendiri dan ada juga yang diperoleh dari hasil survei pemanfaatan kajian proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) tempo​ lalu." ujarnya.  

"Dalam pilot project tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan Balitbang ESDM (PPPGL dan P3TKEBTKE) termasuk menggandeng PT PLN (Persero)." tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan, rencana Pemerintah mengembangkan proyek pembangkit listrik tenaga arus laut di Selat Sunda berperan sebagai salah satu pemanfaatan sebagai sumber Energi Baru Terbarukan (EBT). 

Pemerintah, paparnya, saat ini menargetkan penyediaan listrik dari energi arus laut sebesar 1 MW hingga 2019, dan saat ini Pemerintah terus memetakan adanya potensi energi pembangkit listrik terhadap wilayah-wilayah lautan Indonesia yang memiliki arus laut yang stabil untuk dikembangkan menjadi sumber energi listrik. 

Sementara itu, dari catatan Badan Litbang ESDM potensi yang dimiliki adalah sebesar 62 GW, namun demikian, potensi yang dimanfaatkan baru sebesar 0,28 MW, inipun masih bersifat prototype yang dikembangkan BPPT kemudian oleh Puslitbang PLN. (Adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category