Other

Moratorium Pertambangan Perlu untuk Selamatkan Industri

img title

Jakarta, petroenergy.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, pemberlakuan moratorium pertambangan sangat dimungkinkan karena industry tambang saat ini memerlukan pelaku tambangan yang serius dan peduli terhadap lingkungan hidup.

Hal itu ditegaskan Menteri ESDM berkaitan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menekankan agar ke depan Pemerintah tidak mudah memberikan izin baru pertambangan. “Tentu kita akan ikuti arahan Bapak Presiden, walau memang kita belum bahas secara detail. Namun, kalau dari sisi lingkungan memang ada banyak kasus kasus lingkungan yang tidak di recovery dengan baik, dan tentu Presiden punya satu pertimbangan untuk tidak memberikan izin baru,” kata Sudirman sesaat setelah Penandatanganan Jual Beli Gas antara PLN dengan BP Berau, Jumat lalu.

Menurut Sudirman Said, pemberlakuan moratorium pertambangan, karean saat ini pemberlakuannya merupakan waktu yang tepat dan memungkinkan mengingat komoditi tambang sangat tertekan. “Moratorium ini sejalan dengan apa yang saat ini sedang kita bangun yakni percepatan hilirisasi produk-produk pertambangan dan konsolidasi,” kata Sudirman dikutip esdm.go.id, Jumat (15/4).

Menteri ESDM meyakini, dengan moratorium ini akan mempermudah dan memperkuat upaya konsolidasi tambang karena industri tambang sebaiknya diisi oleh pelaku-pelaku yang serius yang peduli terhadap lingkungan sehingga tidak ada lagi kejadian-kejadian seperti yang terjadi di masa lalu. Sudirman Said menutup perbincangannya dengan mengatakan, yang namanya moratorium adalah kebijakan tertinggi. “Jadi, ini harus sepenuhnya dipatuhi,” pungkasnya. mulkani

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category