Business

Modernisasi UD Trucks – ‘Going the Extra Mile’: Bidik Pasar Pertambangan, Konstruksi dan Transportasi

img title

Jakarta, petroenergy.id - PT UD Trucks Indonesia, PT Tjahja Sakti Motor dan PT Gaya Motor, meresmikan perakitan truk model Quester. Perakitan truk ini merupakan bentuk modernisasi UD Trucks yang disesuaikan dengan standar Volvo. Peluncuran tersebut berlangsung di Jalan Gaya Motor III Sunter 2, Jakarta Utara, Selasa (18/10).

Peresmian peluncuran UD Trucks ditandai dengan penekanan sirine dan pengguntingan pita oleh Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Gaya Motor Ary Mariano dan Senior Vice President UD Trucks Asia & JVs Jacques Michel.

Modernisasi UD Trucks ini mengusung tema “Going the Extra Mile” yang menjadi komitmen UD Trucks dalam memperkuat posisi pasar antara lain akan menyasar pasar industri pertambangan di Indonesia.

Dijelaskan, sejak dari 35 tahun silam UD Trucks telah berkiprah memainkan pasar kendaraan di Indonesia dengan merek dagang “Nissan Diesel”. Sejak tergabung dalam Grup Volvo pada tahun 2007, truk yang dipasarkan di Indonesia adalah Quester model heavy duty truck, dirancang untuk keperluan di sektor pertambangan, konstruksi, distribusi dan transportasi.

"Pembukaan fasilitas ini merupakan upaya berkelanjutan UD Trucks terhadap pasar Indonesia setelah peluncuran Quester di Indonesia Mining Expo 2013 lalu," kata Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard dalam jumpa pers usai peluncuran UD Trucks.

Ditambahkannya, fasilitas tersebut ditujukan untuk merakit truk model Quester yang tersedia lebih dari 10 tipe dengan target produksi di tahap awal 8 sampai 10 unit trucks atau 200 unit per bulan.

Pabrik perakitan UD Trucks ini diperkirakan menelan biaya sebesar 3 juta dolar AS dengan memiliki kapasitas perakitan yang bisa mencapai 400 unit per bulan dalam titik optimal. Sekarang, pabrik perakitan ini memperkerjakan tenaga kerja sebanyak 200 karyawan.

Dijelaskan pula, untuk  memenuhi standar dan spesifikasi proses perakitan UD Trucks, PT Gaya Motor selaku perakit resmi, tidak hanya menambah jumlah pekerja tetapi juga berinvestasi untuk peralatan serta pelatihan.

Presiden Direktur Gaya Motor Ary Mariano, mengatakan, pihaknya berkomitmen melakukan pelatihan guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pelatihan tidak terbatas di Indonesia akan tetapi juga di luar negeri. "Kami juga telah melakukan pelatihan baik di dalam maupun di luar negeri dengan harapan bisa berkontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas SDM di Indonesia," katanya.

Sementara itu, dari sisi Pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Perindustrian menyambut baik langkah UD Trucks yang melakukan perakitan di Indonesia dengan harapan dapat menjadi percontohan bagi merek-merek lain untuk menanamkan modal di Indonesia.

Disamping itu, perakitan UD Trucks ini juga akan mendorong perkembangan perekonomian Indonesia serta akan menyerap tenaga kerja. "Ini bisa menjadi role model bagi merek lain untuk melakukan investasi di Indonesia sekaligus menjadi indikasi kepercayaan terhadap membaiknya iklim usaha di Indonesia semakin meningkat," kata Yan.

Selain itu, UD Trucks telah melakukan berbagai investasi untuk jaringan dealer dan suku cadang melalui PT United Tractors Tbk, dan PT Astra International Tbk serta UD Trucks Sales Operations untuk memperkuat fasilitas distribusi suku cadang di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 2014 lalu.

Dibagian akhir disebutkan, sejak 2007 UD Trucks telah menjual lebih dari 25.000 unit truk di Indonesia, dan dengan fasilitas  yang mampu memodernisasi truk sesuai dengan standar Volvo, UD Trucks diyakini mampu meningkatkan jumlah penjualannya dan akan merakit bermacam model truk yang sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia. (mulkani)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category