Other

Menteri ESDM: Dana DKE Disokong APBN

img title

Jakarta, EnergiToday-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, membantah penghapusan subsidi di sektor energi tidak ada hubungannya dengan alokasi yang diminta Kementerian ESDM untuk program Dana Ketahanan Energi (DKE).

Menurutnya, DKE memang sudah seharusnya mulai diterapkan, karena Indonesia membutuhkan sektor fiskal yang produktif untuk pembangunan perekonomian nasional. Sudirman Said menilai, upaya ini perlu secepatnya dilakukan. "Kita perlu bangun dana ketahanan energi. Kita perlukan dimana ada sektor fiskal produktif yang kita lalukan," kata Sudirman, di Jakarta, Kamis (9/6).

DKE akan disokong penuh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pernyataan ini sekaligus membantah anggapan bahwa DKE merupakan penyebab dari penghapusan subsidi di sektor energi, seperti pada pencabutan subsidi untuk pelanggan listrik berdaya 900 Volt Ampere (VA) dan pemangkasan subsidi Solar.

Dijelaskan, selama ini subsidi hanya dinikmati masyarakat golongan menengah atas yang cenderung lebih konsumtif. Sementara masyarakat menengah ke bawah yang belum terjamah fasilitas memadai, belum bisa merasakan suntikan subsidi dari negara. (energitoday/mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category