Other

Mengutak-atik Subsidi LPG 3 Kg

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pemerintah tengah menyiapkan strategi baru dalam memperketat penyaluran LPG 3 kg bersubsidi. Apa pasal? Ternyata diketahui penyaluran subsidi LPG 3 kg yang selama ini dilakukan pemerintah  tidak tepat sasaran dan membebankan keuangan negara. Pemerintah buru-buru mencoba merevisinya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menyatakan, pihaknya telah mewacanakan akan mengalihkan subsidi LPG 3 kg ke dalam Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Artinya,  penerima subsidi benar-benar keluarga sasaran.

Dengan cara ini para penerima manfaat akan berkurang signifikan dan subsidi LPG diperkirakan akan lebih efektif. Data Kementerian ESDM menunjukkan, realisasi penyaluran LPG bersubsidi semester I tahun 2017 sudah mencapai 3.096 juta ton dari volume APBN sebesar 7.089 juta ton. Namun asumsi makro untuk APBN-P direvisi menjadi 6.5 juta ton.

Adapun sumsi makro untuk APBN 2018 telah ditetapkan volume subsidi LPG 3 kg berkisar 6.952 juta ton hingga 7.004 juta ton. "Inilah tantangannya, " ujar Jonan,  Selasa (11/7/2017) di Jakarta. (san-adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category