Other

Menanti Hadirnya Permen Soal TKDN

img title

Jakarta, petroenergy.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral segera menerbitkan aturan baru yang diharapkan bisa mengkontrol serta mendorong penggunaan komponen dalam negeri (TKDN) tidak hanya di hulu tapi juga hilir migas.

Informasi itu disampaikan IGN Wiratmaja Puja, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM di Jakarta, dengan mengatakan, mekanisme yang berlaku saat ini didasari oleh banyak regulasi. Hal ini dinilai tidak relevan lagi dengan perkembangan dan kondisi industri migas saat ini.

“Dari sekian peraturan menteri dan surat keputusan dirjen, nanti satu permen saja,” kata Wiratmaja. Menurut Wiratmaja, seperti diberitakan pers, nantinya ada tujuh regulasi yang akan dilebur dan dijadikan satu permen yang mengatur tentang kelayakan penggunaan instalasi, peralatan konstruksi platform, kemudian izin penggunaan tangki timbun serta persetujuan dan izin sistem alat ukur.

Permen tersebut diharapkan berdampak positif bagi TKDN karena pemerintah memiliki banyak kesempatan untuk mereview dan mengevaluasi TKDN. Pengawasan TKDN sebenarnya sudah ditingkatkan dengan penerapan kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) gross split pada ladang-ladang minyak baru, namun hanya dapat dilakukan dari sisi hulu.

Di sektor hilir belum terkontrol. Pada saat permen keluar, kata Wiratmaja, sebelum persetujuan untuk mulai konstruksi diberikan akan ada inspeksi baru sebagai syarat diberikan izin beroperasi. Ketika sudah diimplementasikan, permen tersebut diyakini mampu memberikan dorongan tidak hanya pada peningkatan TKDN, tapi juga terhadap kesadaran safety serta perbaikan sistem perizinan. (san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category