Other

Menambang Batubara, Menambang Profit

img title

Jakarta, petroenergy.id - Kesiapan batubara untuk program listrik 35 ribu megawatt (MW) tergantung kebijakan pemerintah. Untuk itu, pemerintah hendaknya membuat kebijakan yang bersifat saling menguntungkan dalam soal harga. “Harus ada profit agar industri batubara bisa sustainable,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI-ICMA) Supriatna Sahala di Jakarta.

Menurut Supriatna, para pembuat kebijakan seharusnya memahami kegiatan pertambangan batubara, sehingga menarik minat investor. Sayangnya, Supriatna melihat masih banyak pembuat kebijakan belum mengerti dengan baik industri pertambangan.

Padahal, di tengah situasi harga batubara yang membaik, banyak calon investor melirik untuk ikut “menambang”. Meski ditingkahi oleh kekhawatiran akan harga yang bergerak fluktuatif, Tino Ardhyanto, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), meyakini kenaikan harga batubara memberikan titik cerah pada industri pertambangan nasional.

Diberitakan, harga batubara acuan (HBA) untuk penjualan spot periode 1 Januari 2017-28 Februari 2017 sebesar US$83,32 per ton, turun dibanding periode satu bulan sebelumnya sebesar US$86,23 per ton. Tahun lalu, di periode yang sama, harga hanya bertengger di US$50,92 per ton. Adapun HBA Februari tahun ini naik 63,62 persen.

Tino tampaknya tidak begitu yakin harga batubara bisa naik kembali mencapai US$100 per ton. “Hanya akan berkisar di harga itu saja pada 2017, kecuali ada lonjakan atau kejadian (luar biasa, red) yang bisa menaikkan harga,” kata Tino. Tino mengatakan, pelaku usaha hanya dapat mendesain rencana jangka panjang jika ada kepastian hukum dan iklim investasi yang mendukung. “Kalau banyak perubahan dan tidak dikomunikasikan dengan baik akan memicu kontraproduktif dari kegiatan pertambangan,” ujar Tino.

Kreativitas pemerintah, kata Tino, sangat diharapkan. Dengan begitu, batu bara dapat dijual di dalam negeri. “Pengusaha akan menjual kalau ada profitnya,” ujars Tino.(san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category