Maritime

Membuka Konektivitas Tual - Darwin

img title

Tual, petroenergy.id -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewacanakan kemungkinan membuka konektivitas Tual di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku dengan Kota Darwin di Australia. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan industri perikanan di Tual yang memiliki hasil laut melimpah. 

“Kita akan pertimbangkan antara Saumlaki atau Tual yang akan dikoneksikan dengan Darwin karena di sini banyak ikan yang secara fisik kalau dibawa ke Surabaya dahulu membuat ikan menjadi tidak segar lagi, nanti akan kita pelajari,” kata Menhub Budi usai meninjau Pelabuhan Tual, Minggu (7/5). 

Menhub Budi menyatakan akan membawa persoalan ini ke Rapat Terbatas dengan Presiden RI. Lebih lanjut Menhub menginginkan ada tempat-tempat di selatan maupun di utara Maluku yang menjadi sentra perikanan agar nantinya dapat langsung di ekspor ke luar negeri.  

“Yang penting adalah di Tual Kota dan Kabupaten, kalau sudah banyak pengusaha akan memudahkan kita untuk mengumpulkan barang untuk langsung pergi ke sana (Darwin), bila dimungkinkan dalam Rapat Terbatas dengan Presiden, memang kita menginginkan ada tempat-tempat di selatan  Maluku ini yang langsung ke Darwin, yang utara juga begitu,” ujarnya. 

Menhub juga mendorong adanya kerjasama pemerintah dengan swasta terkait pengelolaan Pelabuhan Tual. Menurut Menhub, dengan adanya keterlibatan swasta pembangunan dan pengembangan pelabuhan akan lebih bisa maksimal tanpa bertumpu pada APBN negara.  

“Saya sedang memikirkan ada kerjasama pemerintah dengan swasta masuk di sini (Pelabuhan Tual). Kalau swasta itu punya dana yang lebih banyak, punya fleksibilitas, dan kita memberikan kesempatan swasta untuk ikut membangun negara kita. Kalau APBN kan uangnya tidak banyak, tapi nanti kalau swasta, bisa kombinasi dengan sini (Pemda) membangun ini,” jelas Menhub. (san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category