Oil & Gas

Medco Kuasai 75% Saham South Natuna Sea Block B

img title

Jakarta, petroenergy.id— Setelah ConocoPhillips Indonesia pada tahun lalu melepas sahamnya sebanyak 40 % di South Natuna Sea Block B (SNSB) Natuna yang akhirnya dibeli PT Medco Energi Internasional Tbk. Sekarang, lewat PT Medco Daya Sentosa yang  merupakan anak usaha Medco akhirnya membeli 35% saham milik Inpex Corporation diblok tersebut yang telah dilego.

Dalam keterangan resmi dari Medco yang diterima, PT Medco Daya Energi telah menandatangani SPA (Sale Purchase Agreement) dengan INPEX untuk Blok SNSB. President Direktur Medco Energi, Hilmi Panigoro menyatakan bahwa akuisisi ini sebagai bagian peningkatan aset Medco dimasa depan.

Sementara itu, berdasarkan keterangan resmi Inpex belum lama ini, seluruh PI perseroan dilepas dengan nilai US$167 juta yang diwakili oleh 30.361.882 lembar saham. "Setelah hampir 40 tahun sejak diproduksinya minyak, kontribusi INPEX NATUNA Ltd dalam hal arus pendapatan dan kas relatif terbatas. Oleh karena itu dengan melihat untuk mengoptimalkan portofolio aset global Grup, INPEX telah memutuskan untuk menjual semua sahamnya di INPEX NATUNA, Ltd. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan portofolio aset global Grup,” tulis manajemen dalam keterangannya, Selasa (28/3).

Seperti diketahui, rata-rata produksi minyak blok South Natuna Sea Block B tahun lalu mencapai 20.000 barel per hari (BPH) minyak, dengan jumlah produksi gas bumi di angka 197 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) gas dan gas minyak bumi cair mencapai 6.000 bph.

Blok tersebut mulai menghasilkan minyak pertamanya pada 1979 dan gas bumi sejak 2001. Dengan terlaksananya transaksi tersebut, komposisi kepemilikan hak partisipasi Medco di South Natuna Sea Block B menjadi 75% dan sisanya 25% oleh Chevron.

Asal tahu saja, Effective Contract Date pertama adalah bulan oktober 1968 dengan End of Exploration period pada bulan oktober tahun 1974. Lalu End of Exploration Extension period adalah pada bulan oktober 1978 dengan End of Contract period pada bulan Oktober 2028.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category