Energy

Material Listrik Apa Saja Yang Sudah Bisa Diproduksi Dalam Negeri?

img title


Jakarta, PetroEnergy.id --Kepala Divisi Supply Chain Management PT.PLN (Persero), Sapta Hamid, menjelaskan saat ini industri dalam Negeri sudah secara signifikan bisa mensuplai komponen dan material listrik untuk kebutuhan PLN. Bahkan material dari dalam Negeri itu sudah bisa memenuhi kebutuhan untuk Transmisi sebanyak; 42%, Gardu Induk; 40%, dan Distribusi; 100%. " Dari mulai suplai komponen untuk Transmisi, Distribusi dan Garduk Induk sebenarnya sudah lumayan ada penambahan. Tapi tetap harus kita tingkatkan lagi," katanya di acara Seminar Hari Listrik Nasional di Jakarta Convention Centre, 29 September 2016.

Dijelaskannya, sebagian besar  komponen transmisi sudah dapat disediakan industri lokal tetapi sayangnya dengan TKDN rendah. Beberapa pabrikan lokal sudah dapat memenuhi beberapa kebutuhan material PLN seperti Tower, Conductor dan SKTT. Tapi untuk Asesoris umumnya belum bisa dibuat dalam negeri.

"Material yang sudah diproduksi di dalam negeri diantaranya; Tower,Conductor, Kabel, SKTT, jelasnya.

Kemudian, untuk Gardu Induk, sebagian komponen utama sudah dapat diproduksi oleh dirakit oleh pabrikan lokal. Bahkan pabrikan lokal sudah mempunyai kapabilitas untuk dapat mensuplai power transformers dan GIS. Tapinya sebagian besar bahan baku material untuk memproduksi power transformers dan GIS berasal dari impor.

"Disini industri lokal juga masih memiliki kesenjangan di area enjiniring dan teknologi. Sehingga material yang sudah bisa diproduksi di dalam negeri baru Power Transformer dan GIS saja," tambahnya.

Untuk distrbusi listrik, pabrikan lokal sudah tersedia memenuhi kebutuhan Material Distribusi Utama (MDU) PLN. Saat ini semua Material Distribusi Utama sudah dibuat oleh Pabrikan lokal. Ada kurang lebih 90 Pabrikan lokal yang mensuplai kebutuhan MDU PLN. TKDNnya sangat variatif berkisar antara 10 % s/d 100%.

"Ini juga sebagian besar komponennya masih impor. Tapi jauh lebih baik sebab dari mulai Kwh meter, prabayar, Trafo Distribusi, Conductor & Cable Power, Cubicle 20kV, Isolator, MCB, FCO, LA, PHBTR, CT, PT, LBS, Kwh Meter 3phs, Tiang Beton dan Tiang Baja, sudah bisa diproduksi dalam Negeri." ujarnya.

"Khusus untuk Trafo Distribusi, saat ini materialnya masih impor 85%. Diantara yang masih diimpor adalah ; Core, Primary Coil, Secondary Coil, Oil, Bushing, Insulation, Tap Changer. Sedangkan yang sudah bisa diproduksi dalam Negeri adalah; Casing, Radiator, Baut, Mur dan Plat." tandasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category