Oil & Gas

Luhut Binsar Panjaitan: Payung Hukum Blok Mahakam Tuntas Pekan Depan

img title

Jakarta, petroenergy.id – Plt Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan finalisasi payung hukum Blok Mahakam selesai pekan depan. Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan pejabat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Jumat kemarin.

“Tadi Pak Amien sudah siapkan draf  payung hukumnya. Jadi, mudah-mudahan Senin depan sudah di tandatangani,” kata Luhut Binsar Panjaitan.

Luhut berkata, semua pihak sudah mencapai kesepakatan. Oleh karena itu, tidak ada lagi yang perlu dibahas, semuanya sudah beres tinggal menunggu payung hukum. Menurut dia, SKK Migas,Total E&P Indonesie dan Pertamina sudah bicara semua. “Jadi, kalau demikian mestinya sudah beres tnggal tunggu paying hukumnya,” katanya.

Luhut menambahkan dengan adanya payung hukum tersebut maka Pertamina bisa langsung melakukan langkah-langkah percepatan investasi guna menekan penurunan produksi yang memang sudah diperkirakan akan terjadi di Blok Mahakam.

“Karena sudah sepakat kita dengan US$1,5 milliar untuk 25 sumur akan segera dilakukan. Pertamina juga sekarang uangnya cukup banyak punya US$5,4 miliar. Jadi cukup sehat itu perusahaan,”kata Luhut pula.

Sementara, di tempat terpisah, Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan, Pertamina telah siap, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya penurunan produksi di Blok Mahakam paska allih kelola. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category