Energy

Luhut Binsar Pandjaitan Ajak Swasta Kembangkan EBT

img title

Jakarta, petroenergy.id – Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan target pemanfaatan  energi baru terbarukan (EBT) yang telah ditetapkan Pemerintah sebesar 23% pada 2025, tidak akan tercapai tanpa kontribusi dan partisipasi aktif dari sektor swasta.

Hal tersebut disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan, pada the 15th World Renewable Energy Congress (WREC) 2016 di Jakarta Convention Center, Selasa, kemarin pagi.

“Pemerintah tak bakal sanggup memenuhi target pemanfaatan EBT serta mengurangi efek rumah kaca tanpa kontribusi serta partisipasi dari sektor swasta,” katanya

Menurutnya, komitmen Pemerintah untuk terus memfasilitasi sektor swasta dalam mengembangkan EBT di Indonesia merupakan dukungan penuh Pemerintah agar target pemanfaatan panasbumi tercapai. “Marilah swasta ikut berperan aktif dalam engembangan EBT,” kata Luhut.

Luhut menjelaskan terkait pentingnya peningkatan kemampuan teknologi Indonesia. “Kami terus mendorong pengembangan teknologi yang cocok dalam pemanfaatan EBT demi mencari harga yang kompetitif,” ungkapnya dalam mencari solusi atas pemanfaatan EBT.

Sementara, Direktorat Jenderal EBTKE, Rida Mulyana, memaparkan bahwa implementasi EBT masih membutuhkan koordinasi dengan semua pihak. “Kita masih butuh menyediakan insentif dan fasilitas bagi investor EBT,” kata Rida Mulyana

Rida Mulyana menjelaskan Pemerintah saat ini tengah mereformasi tiga pilar utama dalam menyiapkan pengembangan sektor EBT, yaitu teknologi, pengembangan kompetensi, serta kemudahan proses bisnis. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category