Other

Luhut : Arcandra Banyak Lakukan Efisiensi

img title


Jakarta, PetroEnergy.id -- Mantan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Arcandra Tahar, diakui oleh Luhut Binsar Panjaitan, Plt Menteri ESDM telah banyak melakukan hal-hal baik dalam hal kinerja selama 20 hari menjabat.

"Beliau selalu koordinasi saya menyangkut masalah Masela, Mahakam, Freeport, laut dalam IDD Listrik. Jadi banyak area yang dicover dan beliau laporan ke saya sebagai menko maritim. Saya cukup terinfo apa2 yang sedang dikerjakan oleh Pak Arcandra, " kata Luhut kepada awak media Selasa 16 Agustus 2016 di kantor Kementerian ESDM di Jakarta.

Selain itu, lanjut Luhut, Arcandra juga telah memotong banyak sekali biaya dan juga meminta agar struktur biaya supaya transparan.

"Ini hal baik karena saya saya paham mengenai begitu-begitu karena saya dulu juga pengusaha dan saya juga melihat satu perusahaan itu yang paling penting sebenarnya adalah strukturcost nya  bisa dihemat sehingga kita bisa menjadi negara yang lebih efisien," kata Luhut.

Diantara buktinya adalah Arcandra pernah melaporkan mengenai avtur di Indonesia yang bisa lebih mahal dari Singapura 30% padahal Singapura tidak memproduksi avtur. Arcandra  berusaha lakukan efisinsi disini.

Luhut menambhakan, penghematan yang dilakukan beliau adalah yang selama ini gagal kita  lakukan. Untuk kasus Masela, misalnya, hitungan beliau berhasil menurunkan biaya dari angka 20 milyar US dolar menjadi 15 milyar US dolar. Ini penghematan yang luar biasa  besar. Penghematan biaya pengembangan IDD laut dalam Makassar juga akan kita teruskan. Mahakam juga akan kita teruskan," ucap  Luhut sambil menambahkan bahwa perpanjangan kontrak Freeport masih dalam proses pengkajian.

"Jadi kita mesti syukuri, sekarang kita jadi tahu kok bisa angka-angka itu menjadi murah dan cost -cost itu menjadi murah. Itu kan hal baru dari Pak Arcandara," tambah Luhut.

Namun begitu Luhut tetap mengakui pemilihan Arcandra sebagai Menteri ESDM memang suatu kesalahan namun ia berharap bangsa ini jangan selalu berburuk sangka sebab kesalahan bisa terjadi dimana saja. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category