Maritime

Lima Kapal Langgar Aturan Keselamatan Pelayaran

img title

Jakarta, petroenergy.id - Operasi  Mandiri Terpadu Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2017 dengan sandi “Operasi Lumba-Lumba 2017” berhasil menemukan lima unit kapal yang diduga melanggar aturan keselamatan pelayaran saat berlayar di perairan  Indonesia. 

Dari hasil laporan Komandan SATGAS Operasi Lumba Lumba 2017, Kolonel Laut, Ir. Akhmad Sudarto, MT disebutkan bahwa Kelima kapal yang diperiksa pada Operasi Lumba Lumba 27-28 Februari 2017 tersebut masing-masing adalah KM. Pandawa V, MT. Cahaya Ujung, MT. Dimas Putra Utama, MT. Agung Jaya I dan KM. Harmony IV. 

Sejumlah pemeriksaan kapal yang berlayar di perairan Indonesia saat ini tengah dilakukan oleh KPLP dalam rangka pelaksanaan kegiatan Operasi Terpadu Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  dengan sandi “Lumba Lumba 2017”. Operasi tersebut dilaksanakan berdasarkan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor. UM.008/14/19/DJPL-17 tanggal 17 Februari 2017. 

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut,  A. Tonny Budiono bahwa Operasi Terpadu Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tahun 2017 melibatkan unsur terpadu seperti Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Para Syahbandar, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai serta Distrik Navigasi.  

“Tujuan Operasi terpadu yang diberi nama ‘Operasi Lumba-Lumba’ bertujuan untuk meningkatkan pengawasan keamanan pelayaran dan penegakan hukum di laut guna mewujudkan terciptanya kegiatan pelayaran yang tertib, aman dan lancar," kata Dirjen Hubla. 

Adapun Operasi Lumba-lumba 2017 ini dilatarberlakangi adanya indikasi meningkatnya tindakan pelanggaran pelayaran di laut dan kejadian kecelakaan kapal yang kerap terjadi sehingga menjadi pemicu bagi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai untuk lebih meningkatkan performanya. Untuk itu disusunlah rencana operasi ini guna menyeragamkan pola tindak operasi yang terkoordinasi, terintegrasi, terpadu, efektif dan efisien. 

Hal ini  sejalan  arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang meminta agar KPLP meningkatkan patroli lautnya dalam mendukung terwujudnya keselamatan pelayaran. (san)

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category