Business

LEMIGAS Tawarkan Teknologi Air Gun Untuk Kegiatan Seismik

img title

Jakarta, PetroEnergy.id – Bambang Widarsono, Kepala Pusat PPPTMG (Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi) LEMIGAS, menyatakan bahwa pihaknya menawarkan teknologi hasil kreasi peneliti LEMIGAS untuk digunakan di kegiatan survei seismik minyak dan gas.

 “Teknologi ini bernama air gun yang  hak patennya kita yang punya.  Alat air gun selain portable juga  ramah lingkungan dibandingkan memakai dinamit pada akusisi seismik darat,” kata Bambang kepada PetroEnergy.id dalam wawancara khusus belum lama ini dikantornya di Jakarta.

Dijelaskannya,  secara teknis alat ini menghasilkan energi getar dari hasil letupan udara terkompresi. Prinsip kerja pembangkit ledakan dengan udara tekan (air gun) yaitu dengan mengatur benturan udara bertekanan yang berasal dari dalam tabung ke permukaan batuan secara cepat. Untuk dapat menghasilkan suara yang kuat, singkat dan tajam diperlukan desain khusus untuk menentukan besaran volume udara dan luas bukaan klep.

Sistem mini air gun yang dikembangkan oleh LEMIGAS terdiri dari dua bagian, yaitu feeder dan chamber. Feeder yang digunakan berupa tabung stainless stell yang berisi udara terkompresi dengan tekanan 2.500 psi dan volume 6 m3.

Chamber dirancang secara khusus, sehingga apabila switch dibuka dapat melepaskan udara tekan secara cepat dan menghasilkan gelombang mekanis yang merambat sampai ke lapisan batuan. “Intinya saat ini kami sedang mempromosikan air gun ini kepada KKKS. Disisi lain kami juga kerjasama dengan Elnusa untuk pemanfaatannya,” tukas Bambang. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category